Deretan Artis Indonesia Dulu Upahnya Kecil Banget, Sekarang Fantastis

ARTIS | 7 Agustus 2019 07:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Para artis Indonesia ternyata pernah mengalami masa-masa pahit sebelum populer dan kaya seperti saat ini. Mereka rela ikut casting sana-sini untuk bisa bermain dalam sebuah film dan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Saat pertama kali bermain film, bernyanyi atau sebagai model, artis-artis Indonesia ini tidak langsung mendapat upah yang fantastis. Mereka hanya mendapat upah yang kecil, bahkan rela dibayar hanya dengan nasi kotak.

Berikut honor pertama para artis Indonesia. Nominalnya jauh lebih kecil dari pendapatannya saat ini:

1 dari 10 halaman

Ayu Ting Ting

Pedangdut dan artis Ayu Ting Ting ternyata pernah mendapat honor yang kecil. Kini reputasi Ayu semakin meningkat setelah lagunya "Alamat Palsu" meledak di pasaran. Tak hanya itu saja, Ayu kerap diundang bermain film.

Banyaknya pekerjaan yang Ayu lakukan, wajar saja jika ia mendapat honor yang fantastis. Bahkan nominalnya mencapai puluhan juta.

Meski sudah mencapai kejayaan, ternyata Ayu pernah mendapat honor pertama sebesar Rp250.000. Honor itu ia dapat dari menyanyi di orkes-orkes saat masih SMP.

"Berapa ya, Rp250 ribu. Dulu tampilnya di acara-acara organ tunggal, kawinan gitu. Ya buat jajan sama teman-teman ya. Maklum waktu itu masih SMP, hahaha," kata Ayu Ting Ting.

2 dari 10 halaman

Raffi Ahmad

Siapa yang tidak tahu dengan Raffi Ahmad? Artis yang mendapat upah mencapai Rp1 miliar ini ternyata pernah mendapat honor pertama Rp500.000. Bahkan hanya dengan Rp500.000 itu digunakan pula untuk membayar ongkos angkot dan bus.

"Iya, benar. Pertama kali aku main sinetron itu sama Baim. Naik bus, naik angkot, sama Baim tuh. Ih jadi merinding. Naik angkot, naik bus, dibayar honor Rp500 ribu dulu sama Baim berdua. Baim Rp700 ribu, saya Rp500 ribu," kenang Raffi Ahmad sambil tertawa.

Di acara Hotman Paris Show, Raffi menceritakan awal karirnya hingga se-populer saat ini. Sebelum bermain film dan sinetron, Raffi mengawali karirnya menjadi model.

Tak hanya menjadi model, Raffi juga mengikuti casting di berbagai tempat. "Dalam seminggu ada empat kali (casting), jadi Rp500.000 dikali empat, Rp2 juta," kata Raffi.

3 dari 10 halaman

Sule

Komedian Entis Sutisna alias Sule menjadi salah satu artis Indonesia dengan bayaran termahal. Sule juga menjadi komedian yang merintis karirnya dari nol. Sule mengawali karirnya dari grup lawak lokal, SOS (Suwarna, Ogi, Sule), pada 15 November 1976. Dari grup lawak ini, Sule mendapat honor pertama sebesar Rp20.000.

Meski begitu, Sule dan SOS mencoba peruntungan dan mengikuti ajang Audisi Pelawak Indonesia atau API pada 2004. Beruntung, grup SOS menjadi juara pertama dalam ajang API tersebut.

Sejak saat itu, nama Sule semakin dikenal. Bahkan Sule pernah membintangi beberapa film dan sinetron komedi. Sule juga pernah mencoba peruntungan dalam bidang menyanyi dan juga pembawa acara.

Dari hasil kerja kerasnya, kini Sule mendapat upah hingga Rp70 juta dalam sebulan.

4 dari 10 halaman

Deddy Corbuzier

Lebih dari 8 tahun Deddy Corbuzier menjadi seorang presenter. Padahal dulu, Deddy Corbuzier dikenal sebagai pesulap dengan rambut panjang yang diikat. Kini kehidupan Deddy berubah. Deddy kini menjadi seorang presenter sekaligus Youtuber. Penghasilannya juga fantastis, mencapai miliaran rupiah dalam sebulan.

Meski sudah setenar sekarang, Deddy tak malu menceritakan honor pertamanya. "Honor show saya berkisar Rp150-250 juta, acara TV Rp50 juta per show, MC Rp100-150 juta. Pertama kali bermain sulap saya dibayar Rp45.000 di Dufan di era 1980-an," kata Deddy Corbuzier.

5 dari 10 halaman

Titi Kamal

Istri dari Christian Sugiono, Titi Kamal, menceritakan masa-masa dulu saat pertama kali menjadi artis. Titi merintis karir menjadi model gadis sampul tahun 1995. Kini Titi sudah melebarkan sayapnya menjadi pemain film hingga mencoba peruntungan di dunia tarik suara.

Tak hanya itu saja, Titi juga menceritakan upah pertama yang ia dapat dari model. "Waktu itu habis foto cover majalah Rp75.000 langsung belanja fast food sama teman-teman. Dan langsung habis," ujar Titi.

Kini pemasukan yang didapat Titi Kamal sudah mencapai puluhan juta. Pemasukan itu tak hanya dari bermain film, tetapi juga dari hasil berbagai usahanya.

6 dari 10 halaman

Inul Daratista

Pedangdut Inul Daratista ternyata mendapat bayaran tinggi. Sekali manggung, Inul bisa mendapat ratusan juta. Tapi siapa sangka kalau Inul pernah mendapat upah di bawah Rp5.000.

Sebelum setenar sekarang, Inul pernah menjadi penyanyi desa. Suatu hari Inul pernah diminta untuk mengisi acara. Inul juga tidak meminta imbalan apapun. Meski begitu, penyelenggara acara memintanya menunggu dan memberikan sebuah amplop.

Inul menjelaskan, isi amplop itu Rp3.500. Ini adalah honor pertama Inul di era 80an. Inul juga pernah menyanyi keliling dan hanya diberi upah Rp23.000.

7 dari 10 halaman

Siti Badriah

Nasib pedangdut Siti Badriah saat pertama kali manggung tak jauh beda dengan yang dialami Inul Daratista. Pelantun lagu "Lagi Syantik" ini ternyata pernah mendapat honor pertama Rp20.000. Siti mengaku saat itu ia tak mengerti soal honor. Bahkan cenderung tak peduli.

"Honor pertama yang aku terima itu Rp20 ribu. Itu Rp20 ribu waktu aku masih kecil banget," kata Siti Badriah.

Kini honor yang didapat sudah mencapai puluhan juta rupiah. Meski begitu, Siti Badriah tetap akan manggung meski honor yang didapat tak terlalu besar.

8 dari 10 halaman

Deddy Mizwar

Aktor senior Deddy Mizwar mengawali karirnya pada 1970an. Kini sudah 40 tahun Deddy Mizwar bermain film. Deddy juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Jadi wajar saja jika Deddy mendapat upah yang nominalnya di atas puluhan juta.

Meski begitu, Deddy pernah mendapat upah kecil. Ia menceritakan, upah itu ia dapat dari hasil bermain film. "Film pertama gue tahun 1976, dulu honornya Rp250 ribu. Judul filmnya Cinta Abadi," kata Deddy.

9 dari 10 halaman

Gilang Dirga

Aktor muda Gilang Dirga merasakan masa-masa pahit saat mengawali karirnya di dunia entertain. Gilang merintis karirnya sejak 2009 sebagai figuran di beberapa FTV. Dari hasil menjadi figuran, Gilang mendapat upah Rp500.000. Upah itu kemudian ia tabung.

"Sekitar Rp500 ribuan. Ya, kalau di tv selintas lewat terus udah nggak muncul-muncul lagi," kata Gilang.

Kini Gilang berhasil melewati masa-masa itu. Upah yang didapat Gilang juga cukup fantastis. Dari hasil usahanya, kini Gilang Dirga mampu membeli rumah hingga mobil mewah.

10 dari 10 halaman

Denny Cagur

Pelawak Denny Cagur pernah merasakan pahit saat merintis karir. Ia bersama keluarganya sempat merasakan berpindah-pindah kontrakan. Untuk mengubah hidupnya, Denny mencoba unjuk kebolehan sebagai pelawak.

Denny menceritakan pernah mendapat honor pertama Rp75.000 setelah unjuk kebolehan melawak. "Gue pernah dibayar manggung itu waktu ngelawak Rp75 ribu, itu bagi tiga (satu grup lawak)," kata Denny Cagur.

Tak hanya itu saja, upah Denny meningkat menjadi Rp250.000 lalu dibagi tiga. Meski begitu, Denny mengaku pernah dibayar hanya dengan nasi kotak.

"Kalo dulu gue dibayar Rp75 ribu segala macem, sampe sekarang akhirnya gue bener-bener dulu dibayar nasi kotak, dibayar cuman pake stiker," kata Denny.

Namun berkat kerja keras Denny Cagur, kini ia memiliki upah lebih dari ratusan juta sebulan, hingga mampu membangun rumah mewah.

(mdk/has)