Diperiksa KPK, Ini Karir Iis Sugianto di Era Keemasan

ARTIS | 13 Agustus 2019 16:45 Reporter : Endang Saputra

Merdeka.com - Anak 90-an maupun generasi milenial pasti sulit mengenal sosok penyanyi senior Kuspuji Istiningdiah Sugianto atau kerab disapa Iis Sugianto. Karena era keemasan karir Iis Sugianto sendiri adalah di tahun 80-an sebagai penyanyi lagu-lagu bernuansa melankolis karya musisi beken Rinto Harahap.

Dengan satu judul lagu andalan "Jangan Sakiti Hatinya", nama Iis Sugianto langsung melejit dan mendapat tempat di hati para penggemarnya.

Kelahiran tahun 1961 silam ini masih terlihat cantik dan awet muda meski sudah berusia 58 tahun. Sebenarnya siapa sih dia?

1 dari 4 halaman

Karir Iis Sugianto

Iis Sugianto mulai meniti karir di dunia hiburan sejak tampil di acara kenalan baru di TVRI pada tanggal 12 April tahun 1978. Ia juga pernah bekerja sama dalam dua album bersama Fariz RM. Dan karirnya makin melejit setelah bekerja sama dengan Rinto Harahap.

Selanjutnya ia makin dikenal sebagai salah satu penyanyi wanita populer di era tersebut. Bahkan menurut wikipedia, konon rata-rata penjualan albumnya mencapai diatas 1 juta copy.

2 dari 4 halaman

Kehidupan Pribadi

Seperti dikutip dari kamusprofil Iis Sugianto ternyata tidak sebanding lurus dengan kisah asmara nya. Iis Sugianto tercatat dirinya dua kali gagal membina hubungan rumah tangga karena perceraian. Maka saat ini Iis Sugianto pun menyandang status sebagai janda.

Pernikahan pertama Iis adalah dengan Rizal Arsyad pemimpin grup band The Mercy's. Dan pernikahan keduanya dengan Abdullah Iskandar juga kandas di tahun 2012 silam. Dari dua kali menikah, Iis memiliki tiga anak yaitu Anadia Sabrina, Omar Alessandro Aziz, dan Shanna Miaziza Kharima.

3 dari 4 halaman

Jual Rumah

Kesuksesan dalam karir ternyata Iis Suginato menjual Rumah nya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan kepada keluarga mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar (ESA).

4 dari 4 halaman

Jadi Saksi di KPK

Gara-gara menjual rumah, Iis Sugianto harus menjadi saksi dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

"Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangka SS (Soetikno Soedarjo)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (13/8).

Iis yang rampung menjalani pemeriksaan mengaku ditelisik seputar jual beli rumah dengan Emirsyah Satar. Diketahui, kediaman Iis Sugianto di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dibeli oleh Emirsyah Satar.

"Itu (soal jual rumah) saja, hanya merefresh saya saja, karena kan mau sidang. Sidang Pak Emirsyah Satar itu," kata Iis.

(mdk/end)

TOPIK TERKAIT