Ini Potret Fransisca Fanggidaej, Nenek Reza Rahardian 'Hilang' Usai G30S

Ini Potret Fransisca Fanggidaej, Nenek Reza Rahardian 'Hilang' Usai G30S
Reza Rahadian Putuskan Jadi Mualaf, Begini Reaksi Sang Ibu. YouTube/Daniel Mananta Network ©2021 Merdeka.com
ARTIS | 17 Oktober 2021 06:25 Reporter : Astri Agustina

Merdeka.com - Sosok nenek aktor tampan Reza Rahadian terungkap. Ia merupakan seorang perempuan pejuang yang tak banyak disebut dalam buku sejarah. Namanya adalah Francisca Fanggidaej.

Akun instagram @prl_indonesia mengunggah potret dan sosok nenek Reza yang lahir di Noel Mina, Pulau Timor, 16 Agustus 1925 silam.

"Francisca Fanggidaej, Perempuan Pejuang yang Terbuang. Perempuan pejuang yang tak banyak disebut buku sejarah. Stigma komunis dan kedekatannya dengan Sukarno membuatnya tak bisa pulang ke tanah air pasca 1965," tulis akun tersebut.

"Francisca C. Fanggidaej, nenek dari aktor kenamaan Reza Rahadian ini jarang disebut dalam narasi sejarah resmi," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Ini Potretnya

Ini dia potret cantik Francisca, nenek Reza Rahadian yang baru tersorot.

reza rahadian
Instagram @prl_indonesia ©2021 Merdeka.com
3 dari 5 halaman

Sejarah

Mengiringi unggahannya, akun tersebut membeberkan tentang sosok Francisca yang merupakan pejuang pasca kemerdekaan.

"Ia telah menentang kolonialisme sejak muda dan turut berjuang pasca kemerdekaan. Jejaknya hilang pasca 1965 karena dekat dengan Sukarno dan stigma komunis yang melekat padanya," papar akun tersebut.

"Sebagai anak “Belanda Hitam”, julukan bagi orang pribumi yang statusnya disamakan dengan orang Belanda, ia dibesarkan dalam budaya Indo. Ia bisa bersekolah di sekolah anak-anak kulit putih dan sehari-hari berbahasa Belanda," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Hilang Usai G30S

Pada peristiwa Gerakan 30 September, sosok Francisca berada di Chile mewakili Indonesia. Sayangnya, ia tak bisa pulang ke Tanah Air.

"Ketika peristiwa Gerakan 30 September 1965 meletus, Francisca tengah berada di Chile mewakili Indonesia dalam Kongres Organisasi Wartawan Internasional. Kedekatannya dengan Sukarno dan Pemuda Rakyat membuatnya tak bisa pulang ke Indonesia," paparnya.

"Peristiwa kelam itu juga menghapusnya dari buku-buku sejarah yang dibuat Orde Baru.
Francisca terpaksa menyembunyikan identitasnya dan tinggal di Tiongkok selama 20 tahun. Ia tak mengirim sepucuk surat pun pada keluarganya di Indonesia agar keluarganya tak ikut diburu aparat Orde Baru," lanjutnya

5 dari 5 halaman

Silsilah Keluarga

Dari lama Wikipedia.com, Francisca memiliki banyak cucu, salah satunya adalah Reza Rahadian.

"Pada 1948 Francisca menikah dengan Sukarno, seorang anggota dewan dari Pesindo. Dari Sukarno, Francisca memperoleh seorang anak perempuan, Nilakandi Sri Luntowati. Dari pernikahannya yang kedua dengan sesama wartawan, Soepriyo," tulis akun Wikipedia.

"Ia memperoleh enam orang anak yaitu Dien Rieny Saraswati,Alm.Godam Ratamtama,Nusa Eka Indriya,Savitri Sasanti Rini,Pratiwi Widiantini,dan Mayanti Trikarini. Reza Rahardian adalah cucunya dari Pratiwi Widianti," lanjutnya.

(mdk/end)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami