Kontroversi Mulan Jameela Setelah Dilantik Jadi Anggota DPR

Kontroversi Mulan Jameela Setelah Dilantik Jadi Anggota DPR
ARTIS | 6 November 2019 07:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Mulan Jameela alias Raden Wulansari berhasil lolos ke Senayan sebagai anggota DPR. Ia bersama 575 anggota DPR lainnya dilantik pada 1 Oktober 2019 lalu.

Setelah sah menjadi wakil rakyat, Mulan pun menuai segudang kontroversi. Mulai dari pendidikan hingga postingan Instagramnya.

1 dari 3 halaman

Memposting Kacamata Mahal di Akun Instagram

Belum lama duduk menjadi anggota DPR, Mulan Jameela menuai polemik. Unggahan foto kacamata bermerek di akun Instagramnya mendapat sorotan dari KPK. Awalnya, Mulan Jameela mengunggah foto kacamata bermerk Gucci.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari suplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan dalam keterangan fotonya.

Postingan Mulan di instagram ini mendapat sorotan dari KPK. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang bicara soal norma dan etika pejabat publik. Setelah itu, Mulan langsung menghapus postingannya.

"OL shop yang berkaitan dengan paid promote kacamata meminta saya utk menghapus paid promote tersebut demi kenyamanan semua pihak," tulis Mulan Jameela.

2 dari 3 halaman

Lulus Sekolah Dasar 3 Tahun

Dalam website DPR.go.id, riwayat pendidikan Mulan Jameela juga menjadi sorotan. Dalam laman tersebut, tercantum bahwa Mulan belajar di SDN MALANGBONG Tahun: 1988-1991, atau hanya tiga tahun. Kemudian ia melanjutkan di SMP NEGERI MALANGBONG Tahun: 1991-1994 dan SMUN 1 MALANGBONG Tahun: 1994-1997.

Kini data tersebut sudah diperbaiki. Mulan pernah bersekolah di SDN MALANGBONG Tahun: 1985-1991.

Tak sampai di situ saja, warganet juga bingung bagaimana bisa Mulan menjadi anggota DPR meski hanya tamatan SMA. Seperti diketahui, syarat menjadi anggota DPR minimal SMA, sementara tenaga ahli berpendidikan S2.

3 dari 3 halaman

Tak Tahu Mitra Kerja di DPR

Mulan Jameela resmi menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Ia mewakili daerah pemilihan Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Setelah dilantik, Mulan mengumumkan bahwa ia ditempatkan di Fraksi Partai Gerindra di Komisi VII DPR RI.

Seperti diketahui, Komisi VII DPR membidangi energi, riset dan teknologi dan lingkungan hidup. Bukan hal yang mudah bagi Mulan untuk beradaptasi dengan tugas barunya ini. Bahkan, Mulan masih bingung menyebutkan rekan-rekan kerjanya di Komisi VII nanti.

Hal ini muncul saat seorang wartawan menanyakan padanya soal mitra kerjanya di Komisi VII. Mulan ragu menyebutkan rekannya nanti. Ia beralasan masih menunggu keputusan pimpinan dan anggota komisi dalam rapat paripurna.

"Ya kan kita belum diketok palu, nih! Nanti tunggu dulu kalau sudah diputuskan melalui rapat paripurna baru saya jawab," kata Mulan. (mdk/dan)

Baca juga:
Viral Mulan Jameela Lulus SD Cuma 3 Tahun, Benarkah?
Hal Ini yang Bikin Mulan Jameela Ucapkan Terima Kasih Pada Dul
Sudah Berkonsultasi, Mulan Klaim KPK Bolehkan Anggota DPR Terima Endorsement
KPK Belum Terima Laporan Gratifikasi Mulan Jameela
Ngaku Bakal di Komisi VII, Mulan Jameela Berkelit Ditanya Soal Mitra Kerja
Mulan Jameela Geram Berita 'Potong Kemaluan' dari Cuitan Sang Suami Masih Tersebar

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5