Lama Tak Muncul di TV, Begini Kondisi Komedian Terkenal Indonesia

ARTIS | 14 Oktober 2019 17:36 Reporter : Endang Saputra

Merdeka.com - Bagi penggemar acara pelawak atau komedian yang sering tampil di televisi pasti kenal dengan para pelawak Indonesia yang dulu sering menghiasi laya kaca. Terus bagaimana kabarnya mereka sekarang. Inilah pelawak terkenal Indonesia yang kondisinya berubah drastis, berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Boneng

Bagi publik yang ngefans dengan film Warkop DKI, pasti kenal dengan Diding Boneng, tokoh yang sering menjalani Dono, Kasino dan Indro. Pokoknya merasa enggak komplit kalau warkop DKI kalau Boneng enggak muncul. Biasanya berperan sebagai hansip atau satpam yang bernama asli Zainal Abidin Zetta dan dia mengawali kariernya sebagai pemain teater pada tahun 1973 hingga kini usianya sudah 69 tahun.

Meskipun sudah jarang main film tetapi masih aktif mengajar teater di Taman Ismail Merzuki. Pelawak yang sudah membintangi 22 judul film ini dia sudah terlihat tua dan kepala sudah dipenuhi sama uban, ternyata dia kini hidup bersama ibunya. Sejak tahun 1997, Boneng bercerai dengan istrinya seiring dengan tawaran main film yang makin sepi.

Sebagai seorang komedian yang berjaya di era 80 dan 90an, Boneng juga tak ragu untuk melemparkan kritik pedas terhadap para komedian zaman sekarang. Guyonan dengan cara mem-bully atau menghancurkan properti contohnya. Bagi Boneng itu bukanlah komedi.

"Komedi kan macem-macem, ada komedi fisik, komedi pikiran, komedi situasi. Nah kebanyakan kan grup lawak sekarang ngacak, mereka nggak tau kekuatan mereka apa. Warkop tau kekuatan dari mereka. Kita punya kekuatan dialog misalnya. Warkop dialognya simpel aja nggak aneh-aneh. Tapi kalau dia ngomong orang pada ketawa. Memang kekuatannya pada dialog. Dia paham itu. Kelompok-kelompok lain nggak mengerti itu. Dia nggak tau kekuatan mereka. Kekuatan dari gerak, dialog, situasi, dia nggak ngerti, makanya mainnya ngacak. Sekarang komedian kalau kehabisan akal ngancurin properti lah, ngebully lah, untuk ngejar ketawa orang. Komedian nggak gitu. Komedi itu cermin masyarakat, kalau komedinya sadis-sadis emang kita mau sadis?" kata Boneng, seperti dikutip dari kapanlagi.com.

2 dari 7 halaman

Ulfa Dwinyanti

Ratu lawak di era tahun 1990-an ini, jarang terekspos media padahal dulu sering melihat dilayar kaya Indonesia, seperti ngerumpi di mal dan sahur kita bareng Eko Patrio.

Ulfa jarang terdengar saat kabar rumah tangganya kandas dan dia memutuskan berhenti di dunia hiburan dan kembali ke profesi awalnya yaitu sebagai penyiar radio. Dia menghindar dari publik karena tidak mau citranya menjadi buruk karena tiga kali kawin cerai.

Kabarnya Ulfa sedang membuka sekolah komunikasi di Jakarta dan di Bandung.

3 dari 7 halaman

Doyok

Komedian ini dulunya sering tampil dengan Kadir dan juga bagian dari Srimulat, Doyok pernah tersandung kasus narkoba pada tahun 2000 setelah menjalani hukuman dia berhenti di dunia hiburan, dan dia sempat dikabarkan hidup mewah di Amerika Serikat dengan foto-fotonya menggunakan pesawat pribadi. Namun sang anak menjelaskan bahwa foto-foto itu yang sedang liburan bersama teman-temannya.

4 dari 7 halaman

Tessy Srimulat

Masih ingat enggak dengan tingkah laku Tessy yang bilang 'benci aku' sambil melambaikan jarinya yang penuh dengan batu cincin. Sebelum merintis karir di dunia hiburan penah bergabung sebagai Marinir TNI AL pada operasi pembebasan Irian Barat pada tahun 1961 sampai 1963 dan bernama aslinya Kabul Basuki.

Dia pernah di cekal oleh KPI karena dia tampilkan sebagai transgender dan bagian itu lah yang membuat Tessy terkenal. Di usianya yang 71 tahun Tessy masih aktif menjadi duta BNN.

5 dari 7 halaman

Tike Priyatna Kusumah

Seperti dikutip dari kanal youtube Daftar Populer, pada tahun 2004 sampai tahun 2009 salah satu acara komedian yang menarik penonton adalah Extravaganza. Tike jarang terlihat dilayar kaca saat ini dia menjadi penyiar radio selain itu, Tike sedang menjalani pola hidup sehat dan alhasil berat badannya berkurang 21 kilogram, penampilan sekarang lebih langsing dan cantik, Tike mengenakan hijab modern saat kemana-mana.

6 dari 7 halaman

Mat Solar

Penonton setia Bajaj Bajuri yang dibintangi Mat Solar ini tidak kalah tenar juga 12 tahun yang lalu, Mat Solar mulai berkarir nya mulai dari teater komedi sejak SMP, sejak itu karir semakin menanjak hingga Mat Solar sakit kena stroke bernama asli Nasrullah kini harus menggunakan kursi roda dan banyak istirahat dan dia meninggalkan dunia hiburan.

7 dari 7 halaman

Miing Bagito

Bagito grup terdiri dari Miing, Didin dan Unang mereka memiliki show sendiri di salah satu televisi namanya Bagito Show, semakin hari semakin banyak pelawak bermunculan Bagito pun mulai redup. Kemudian Miing banting setir menjadi politikus dia sempat menjadi anggota DPR periode 2004 sampai 2009 mewakili provinsi Banten. Kini mereka kembali disibukkan melawak. (mdk/end)

Baca juga:
Inilah Artis Top Zaman Dulu, Apa Pekerjaannya Sekarang?
Masih Ada yang Ingat Drama Kolosal Angling Dharma, Begini Kabarnya Sekarang
Recuerdos 2019 buatan anak-anak sekolah hadirkan raisa hingga barasuara
7 Artis yang Pilih Jadi PNS, Ada yang Jadi Pejabat Tinggi
Ungkapan Terima Kasih Acha Septriasa Kepada Suami Karena Diberi Kepercayaan Penuh
Marsha Tengker Tuntut Sang Suami Karena Hal Ini, Kenapa Ya?