Megahnya Rumah Iwan Fals, Super Luas Sampai Ada Panggung dan Lapangan Konser

ARTIS | 13 Desember 2019 06:00 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Iwan Fals merupakan penyanyi balada yang telah menjadi legenda di Indonesia. Namanya sangat populer dan dikenal luas masyarakat berkat karya-karyanya. Iwan Fals kerap menciptakan lagu bertema kritikan terhadap pemerintah. Berkat karya itu pula namanya semakin dikenal masyarakat.

Kariernya mulai menanjak di era tahun 1980-an. Album Iwan Fals laris manis di pasaran. Iwan yang sempat merasakan kehidupan menjadi seorang pengamen, perlahan mulai berubah. Dia menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membeli tanah. Hingga kemudian Iwan Fals berhasil membangun rumah yang kini menjadi tempat tinggalnya bersama keluarga.

Rumah Iwan Fals sangat luas. Saking luasnya, Iwan bisa menggelar acara konser di rumahnya yang bisa menampung hingga ribuan orang. Berikut potret rumah Iwan Fals dilansir berbagai sumber.

1 dari 10 halaman

Gerbang Rumah

Rumah Iwan Fals diketahui berada di Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok. Rumah Iwan Fals ini sangat luas.

Dari gerbang depan, pagar rumah Iwan Fals ini tampak bercat hitam. Di sekelilingnya banyak sekali pepohonan yang tumbuh di halaman rumahnya.

Iwan mengaku jka dirinya awalnya membeli tanah di lokasi tersebut di tahun 80-an. Saat itu dia menyisihkan uang dari penjualan albumnya yang laku keras di pasaran.

"Jadi waktu dulu tahun 1980 saya kan dapet uang dari album. Itu lumayan laku saat itu. Saya bingung ngobrol sama istri, kemana nih tabung, ya udahlah akhirnya beli tanah dulu kecil-kecil. Nanti bisa buat rumah biar ga bingung. Akhirnya berkembang berkembang berkembang," kata Iwan Fals dilansir channel youtube mf 81.

2 dari 10 halaman

Tempat Manggung

Di rumah Iwan Fals terdapat sebuah panggung pertunjukan. Panggung tersebut tampak berukuran cukup besar.

Panggung ini biasa digunakan Iwan Fals untuk menggelar acara termasuk konser. Tempat ini biasa disebut dengan nama 'Panggung Kita'.

3 dari 10 halaman

Lapangan Luas

Tempat untuk menggelar konser di halaman rumah Iwan tampak cukup luas. Kabarnya tempat ini bisa menampung penonton hingga lima ribu orang.

4 dari 10 halaman

Tempat Karcis

Tak jauh dari gerbang ada sebuah bangunan yang digunakan untuk menjual karcis. Tempat itu akan ramai jika sedang ada kegiatan konser di rumah Iwan Fals.

5 dari 10 halaman

Toko Suvenir

Di rumah Iwan Fals juga terdapat toko yang menjual berbagai suvenir. Toko tersebut bernama 'Toko Kita'. Di toko kita ini banyak menjual beragam kaus hingga aksesoris dan semua tentang Iwan Fals.

6 dari 10 halaman

Ada Makam

Di pekarangan rumah Iwan Fals terdapat areal makam. Sebelum Iwan pindah ke lokasi tersebut memang sudah ada makam.

Di lokasi itu juga menjadi tempat dirinya memakamkan jenazah sang anak, Galang Rambu Anarki. Galang diketahui meninggal dunia pada 25 April 1997. Saat itu usianya masih 15 tahun.

"Galang sama adik saya dimakamkan disini. Ada lahannya sama buat ngingetin aja," kata Iwan Fals.

7 dari 10 halaman

Berdayakan Warga Sekitar

Iwan Fals juga memberdayakan warga sekitar jika sedang ada kegiatan di rumahnya. Mereka ikut turut membantu.

"Kalau ada konser, kegiatan, mereka ikut rembukan. ikut kerjalah. Terus kalau keriaan, hajatan bisa ikut juga. tentang apa aja," kata Iwan.

8 dari 10 halaman

Dipakai Acara 17 Agustusan

Halaman rumah Iwan Fals yang luas juga kerap digunakan untuk acara 17 Agustusan.

"Saya suka bikin perlombaan disini," ucap Iwan Fals.

9 dari 10 halaman

Pekarangan Luas

Pekarangan rumah Iwan Fals tampak begitu luas. Hampir sebagian besar pekarangan ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Hal itu pun membuat rumah Iwan Fals tampak begituasri.

10 dari 10 halaman

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.