Penjelasan Ilmiah Genre Musik Mampu Memengaruhi Psikologis

ARTIS | 15 November 2019 14:32 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Musik merupakan salah satu seni yang menggambarkan pemikiran dan perasaan manusia. Seperti jenis seni lain, musik juga merupakan refleksi perasaan dari suatu individu.

Lalu benarkah musik mampu mempengaruhi psikologis seseorang? Dalam sebuah penelitian mengatakan, musik memicu hormon oksitosin dan serotonin yang mampu membangun ikatan kepercayaan, dan keintiman. Ilmuwan juga menemukan bahwa musik mengandung sesuatu yang mampu meredakan penyakit, depresi, dan mengubah cara pandang kita.

Baru-baru ini, Kunto Aji salah satu penyanyi pop Indonesia baru saja merilis video di akun Youtube pribadinya, dalam video berdurasi kurang lebih 8 menit tersebut menghadirkan tiga narasumber yang menceritakan kisah hidupnya yang cukup mendalam terkait dengan lagu 'Pilu Membiru' miliknya dengan didampingi Adjie Santosoputro seorang praktisi pemulihan batin.

Dalam video tersebut ketiga narasumber menceritakan bagaimana lagu 'Pilu membiru' memberikan suntikan energi positif atas masalah yang selama ini di di hadapi.

Mereka bahkan menyampaikan rasa terima kasih nya atas diciptakan lagu ini karena dianggap sebagai lagu kesembuhan. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa musik mampu mempengaruhi psikologis dan mengubah cara pandang seseorang.

1 dari 3 halaman

Genre Musik yang Mampu Memengaruhi Suasana Hati

1.Pop

Lagu-lagu pop biasanya memiliki tempo yang menenangkan dan ritme yang mudah diingat. Biasanya lirik-lirik dalam lagu pop lebih mudah dirasakan oleh pendengarnya. Apabila lagu pop dengan lirik sedih dan mendalam maka secara tidak langsung pendengarnya akan masuk ke dalam lagu tersebut dan merasakan kesedihannya.

2.Hip-hop dan Rap

Jenis musik ini dapat mengubah mood dalam beberapa cara tergantung lirik, tempo, dan keseluruhan pesan yang terkandung. Lagu-lagu rap biasanya membawa pesan tentang kemarahan, keangkuhan, dan kekerasan.

3.Disco

Musik disco merupakan genre music yang terbukti selalu membuat pendengarnya merasa bahagia. Lagu bergenre disko ini akan membuat pendengarnya terbawa suasana bahagia sehingga bersiap memulai hari yang lebih baik.

2 dari 3 halaman

Blues

Genre musik ini cocok untuk seseorang yang sedang merasa gugup atau gelisah. Ritme musik yang dihasilkan dapat membuat tenang dan sedikit memperlambat detak jantung.

5.Reggae

Genre musik reggae memiliki ritme music yang menyehatkan untuk jantung manusia. Siapapun yang mendengarkan jenis musik ini pasti akan merasa sedikit lebih rileks.

6.Musik Klasik

Genre musik ini disebut mampu mempengaruhi tingkat kemampuan otak, bisa meningkatkan mood, dan menenangkan. Musik klasik juga bisa membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

7.Heavy Metal

Melodi dan lirik yang agresif dan terkadang cenderung kasar dapat mempengaruhi efek negative tertentu pada mood. Tetapi, beberapa orang merasa memiliki pride yang lebih saat mendengarkan jenis musik ini.

3 dari 3 halaman

Rock Punk

Genre musik ini mampu mendorong mood menjadi lebih energik. Jika menikmati musik rock dan punk adrenalin dan dorongan energi akan jauh meningkat.

9.Melayu

Lagu dengan genre melayu biasanya bisa membuat orang lebih terhibur karena lirik-lirik yang dihasilkan cenderung jenaka. Sehingga membuat pendengarnya bahagia.

10.Country

Musik country biasanya dihubungkan dengan depresi. Untuk itu, tidak dianjurkan bagi seseorang yang sedang merasa down untuk mendengarkan lagu ini. Tetapi, beberapa lagu dengan genre ini memiliki lirik yang membuat perasaan ceria dan bersemangat. (mdk/khu)

Baca juga:
7 Karakter Bunga Hasil Tes Kepribadian Forest yang Ramai di Media Sosial
Penjelasan Ilmiah Genre Musik Mampu Memengaruhi Psikologis
6 Tes Psikologi Populer di Seleksi Penerimaan Karyawan dan Tips Menghadapinya
Orang yang Memiliki Tato Punya Perilaku Lebih Impulsif
Kenapa Orang Cerdas Temannya Sedikit? Ini Penjelasannya
Kata Psikolog, Ini Alasan Wanita Suka Pria Berseragam