Pernyataan Lengkap Ustaz Dhanu Soal Penyakit Raffi Ahmad

ARTIS | 16 Oktober 2019 15:30 Reporter : Endang Saputra

Merdeka.com - Jadwal kerja yang begitu padat rupanya membawa pengaruh buruk bagi kesehatan presenter kondang Raffi Ahmad yang diketahui mengalami pembengkakan di pita suaranya. Dampaknya, suara Raffi Ahmad terdengar serak. Padahal suara merupakan modal penting bagi Raffi terkait pekerjaannya di dunia entertainment.

Baru-baru ini Raffi datang berobat ke Ustaz Dhanu. Raffi datang ditemani sang istri, Nagita Slavina serta Irfan Hakim untuk berkonsultasi. Nagita pun menjelaskan kondisi kesehatan sang suami

"Sebenarnya yang udah lama itu suaranya dia (Raffi) ilang terus. Kemarin dicek ke dokter, pita suaranya emang ada yang bengkak. Dia engga boleh ngomong dan emang harusnya dioperasi. Hingga kemudian Raffi berobat di alternatif akupunktur," kata Nagita.

Mendengar penuturan Nagita, Ustaz Dhanu pun memberikan penjelasan awal dari sudut pandang agama. Bahwasanya semua yang terjadi dengan seseorang diakibatkan oleh perbuatannya sendiri. Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Mata Pencaharian

Saat datang ke Ustaz Dhanu sahabat Raffi Ahmad, Irfan Hakim menjelaskan kondisi Raffi yang sedang dialaminya selama ini.

"Jadi ini ustaz ini masalahnya di pita suara kalau pita suara terganggu apalagi itu sumber mata pencaharian kita dong, kenapa itu ustaz biasanya," tanya Irfan.

"Ustaz Dhanu itu mencari tahu sebab akibatnya kenapa seperti ini ada musababnya,karena apapun yang terjadi itu tergantung apa yang kita lakukan ya ustaz," kata Irfan kepada Raffi.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Tak Menyenangkan

Ustaz Dhanu mengatakan bahwa asal mula sakitnya Raffi Ahmad itu terjadi dari sebab dan akibat sendiri, terutama perlakuan kepada orangtua.

"Apa saja musibah yang kita terima itu terjadi dari buah tanganmu sendiri jadi musibahnya yang saat ini yang dialami kak Raffi, disebabkan dari perilaku kak Raffi, kalau itu di daerah pita suara Insya Allah berhubungan dengan kata-kata khususnya dengan Mama Amy Qanita ini,"kata Ustaz Dhanu seperti dikutip dari kanal youtube deHakims.

3 dari 6 halaman

Hormati Orangtua

Belakangan ini, Raffi sering memarahi istrinya sendiri Nagita Slavina. Yang paling parah, Raffi tak segan memarahi Nagita di depan umum.

"Itulah yang sebenarnya yang harus kita ketahui, sebenarnya Allah itu sudah menciptakan dalam Al Quran seperti hormati istrimu, hormati orangtua mu, hormati ibu mu, hormati ayahmu, hormati saudara perempuan, walaupun adik Raffi ini punya istri, mba Gigi, tapi itu juga, bukan berarti terus dengan adanya adik Raffi tuh, maaf ini, maaf ya kalau adik Raffi sudah diberi kenikmatan oleh Allah SWT kan enggak harus langsung, semua orang harus ngerti kita gitu maksudnya, jadi dengan istri tetap haru baik," kata Ustaz Dhanu.

4 dari 6 halaman

Raffi Membela Diri

Atas nasihat dari ustaz Dhanu, Raffi Ahmad pun membela diri sebagai manusia pasti ada kekurangannya.

"Memang setiap manusia ada kekurangannya, Nagita itu memang suka kalau dikasih tahu memang enggak bisa sekali, dua kali pak ustaz suka berkali-kali jadi kadang ngeyel,"kata Raffi.

5 dari 6 halaman

Laki-Laki Itu Pemimpin Rumah Tangga

Ustaz Dhanu pun memberitahukan bahwa laki-laki dalam rumah tangga itu sebagai pemimpin, maka dengan itu Raffi harus sabar dan ikhlas membimbing sang istri.


"Nah ini nih yang saya mau cerita, tugasnya mas Raffi adalah lakai-laki pemimpin. Padahal waktu ngasih tahu istri ngasih tahu mbak Gigi ini kan enggak bisa sekali, karena istri ini kan selalu didampingi berarti kan bisa puluhan tahun. Nah maksud saya enggak bisa sekali, kasih tahu hari berikutnya, kasih tahulah kalau enggak bisa lagi kasih tahulah kenapa seperti itu, pada waktu adik Raffi ini kasih tahu sama mbak Gigi dititik itu kemudian mengulangi, kasih tahunya mengulangi, Raffi itu dengan sabar menuntun dengan baik disitulah pahala sebagai seorang imam, makanya Allah memberikan benjolan di situ, berarti intinya ada di cara bicara, nada-nada suara," kata Ustaz Dhanu.

6 dari 6 halaman

Raffi Ahmad Minta Maaf

Menyadari apa yang terjadi kepada dirinya merupakan akibat dari kebiasaan buruk yang dilakukan, Raffi Ahmad menyampaikan permohonan maaf kepada sang istri.

"Maafin aku yah. Banyak salah,"kata Raffi sambil mencium tangan Nagita.

"Beneran engga ini," tanya Nagita seolah tak percaya.

"Beneran sayang. Ini aku lagi beneran," kata Raffi.

Raffi pun dituntun Ustaz Dhanu untuk minta maaf ke Nagita.

"Sayang jika selama ini aku menjadi suamimu aku banyak emosi, marah, kaku, berkata kata yang tidak sopan, tidak bisa menjaga kehormatan kamu. Jika itu menjadi salah, dosa di hadapan Allah. Hari ini aku suamimu Raffi Faridz Ahmad Bin Munawar Ahmad minta maaf lillahitaala. Maafin aku yah," kata Ustaz Dhanu. (mdk/end)

Baca juga:
Ustaz Dhanu Sebut Sakitnya Raffi Ahmad Karena Perilaku Sendiri
Tahu Penyebab Penyakitnya, Raffi Ahmad Minta Maaf ke Nagita Slavina Sambil Menangis
Raffi Ahmad Ingin Punya Anak Lagi Tahun Depan, Nagita Slavina Mau Anak Perempuan?
Pernyataan Jujur Raffi Ahmad Tentang Sosok Barbie Kumalasari
Asisten Raffi Ahmad Kecewa Ucapan Laudya Cynthia Bella Soal Materi
Reaksi Raffi Ahmad Tahu Laudya Cynthia Bella Ngamuk Sampai Blokir Nomor Teleponnya