Pesan Reza Arap ke Pengemudi Ojol Kalau Diprank Youtuber, Dijamin Buat Efek Jera

ARTIS | 2 Desember 2019 14:05 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Banyaknya fenomena Youtuber yang melakukan prank kepada pengemudi ojek online atau ojol menimbulkan keprihatinan. Salah satunya disampaikan Reza Oktovian atau yang lebih dikenal dengan nama Reza Arap.

Pria yang yang dikenal sebagai Youtuber spesialis game ini mengaku geram dengan ulah youtuber yang melakukan prank kepada ojol. Menurut Reza Arap hal seperti itu hanya menjual rasa belas kasihan.

Seperti diketahui sejumlah Youtuber tanah air membuat konten prank ojol. Sebut saja seperti Nikita Mirzani dan Baim Wong. Ada yang membuat prank dengan berakting memarahi sang pengemudi ojol, ada juga yang sengaja membuat driver ojol menunggu hingga berjam-jam, hingga mengerjai pengemudi ojol dengan melakuan cancel pesanan.

1 dari 6 halaman

Konten Nge-Prank Ojol Jadi Tren

Di awal videonya, Reza Arap menyebut jika fenomena prank ojol sedang menjadi tren para youtuber. Mereka membuat konten seperti itu demi meraup keuntungan. Baginya, konten tersebut cukup menyebalkan.

"Gua juga engga tahu kenapa belakangan ini ada sebuah tren yang dilakukan youtuber-youtuber itu, youtuber yang engga bisa mikir buat kontennya sendiri sampe ngikutin tren. Jadi trennya itu ngeprank ojol. Mereka itu pesen sesuatu, pesen makanan minuman apapun itu sampai jumlahnya besar sekitar Rp500 ribu, Rp800 ribu sampai Rp1 juta udah gitu ketika makanannya sampai, mereka bilang ga mau, bilang ga pesen, atau salah, what ever. Sampai akhirnya mereka kesel, sedih, bingung , lalu setelah itu mereka dikasih sesuatu. Lalu mereka dikasih entah itu uang, barang, iphone whatever. Itu yang belakangan itu terjadi dan gua merasa perlu membicarakan membahas tentang ini. Dan yang mau gua bahas ini bukan ke youtubenya poinnya ke abang abang ojolnya," kata Reza Arap membuka percakapannya seperti dikutip dari channel Youtube YB.

2 dari 6 halaman

Jual Rasa Kasihan

Reza Arap mengaku jika dirinya mengecam konten prank ojol. Sebab yang dilakukan para youtuber tersebut adalah 'menjual' rasa kasihan.

"Abang-abang ojolku sayang, gini bang kalian tahu engga, ketika kalian di prank, terus mereka ngasih kalian sesuatu dengan uang atau barang yang kalian terima, terus mereka edit videonya terus mereka upload ke youtube, udah video itu akan stay selamanya di youtube dan engga kemana mana. Adsense nya jalan, dia akan dapat duit selamanya dari video itu. Belum lagi kalau di videonya ada brand, wih bang itu brand harganya udah puluhan juta dan ratusan juta, ya dan mereka dapat itu semua dari rasa kasihan. Kasihan ke abang-abang semua, mereka jual rasa kasihan ke lo semua," ucap Reza Arap.

3 dari 6 halaman

Lebih Baik Tolak dan laporkan ke Pihak Berwajib

Reza Arap menyebut ada sejumlah cara yang dapat dilakukan pengemudi ojol untuk menghadapi youtuber yang melakukan prank semacam ini. Pertama yang harus dilakukan adalah menolak pemberian hadiah seperti uang atau barang dari youtuber. Setelah itu pengemudi ojol dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib karena sang youtuber tidak membayar pesanan mereka.

"Kalau kalian lagi diprank terus kalian tahu diprank muncul kamera atau apapun itu, terus mereka mau ngasih sesuatu ke kalian, boleh ga kalian tolak. Pertama itu dulu, kalian tolak dulu pemberian mereka setelah itu kalian bisa lapor ke pihak yang berwajib. Kenapa gua bilang harus ditolak dulu biar kasusnya stay atau berhenti di mereka tidak mau bayar pesanana mereka sendiri, karena abang punya semua buktinya, abang punya semua capturannya, abang punya semua namanya, punya no teleponnya," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Merekam Balik Aksi Youtuber

Selain itu, Reza Arap pun menyebut pengemudi ojol juga dapat mereka balik aksi youtuber yang melakukan aksi prank.

Kalian tolak dan videoin balik. Kalian tinggal videoin balik atau manggil temen ojol kalian suruh dateng suruh videoin juga. Mereka pasti ciut kaga boong. Abis itu videonya kalain sebarin ke seantero ojol. Kalian dapat untung dari situ," ungkapnya.

5 dari 6 halaman

Buat Efek Jera

Dengan cara seperti itu lanjut Reza Arap, dapat membuat efek jera bagi youtuber yang kerap melakukan prank-prank seperti itu.

"Untungnya ga bakalan kejadian gitu lagi ke depannya dan bisa mendapatkan respect brand ojol kalian," ungkapnya.

6 dari 6 halaman

Reza Arap Tutup Akun Yotube

Reza Arap dikenal sebagai YouTuber spesialis game yang juga seorang musisi. Aksinya semakin dikenal setelah memutuskan untuk menghapus channel Youtube yang selama ini telah membuatnya dikenal banyak orang. Reza mengaku menutup akun youtubenya karena ingin fokus di kehidupan nyata.

"Aku akan fokus pada real life. Aku mau istirahat dari media sosial nggak tahu berapa lama. Nggak tahu berapa lama, cuma mau menikmati hidup dan uangku," katanya saat itu. (mdk/end)

Baca juga:
YouTuber Jadi Insan Yang Jadi Panutan Gen Z, Kamu Juga?
Resep Youtuber Berusia 8 Tahun Cetak Pendapatan Rp310 Miliar
Pendapatan Para Artis Muda jadi YouTuber, Fantastis Capai Ratusan Juta
Daftar Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok Bagi Milenial
PewDiePie Jadi Youtuber Pertama Dengan 100 Juta Subscriber
Masuk Dalam Daftar 10 Youtuber Terkaya Dunia, Atta Halilintar Raup Penghasilan Rp22 M

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.