Polemik Pemberhentian Helmy Yahya, Glenn Fredly Berharap Jokowi Turun Tangan

ARTIS | 18 Januari 2020 19:18 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Pemberhentian Helmy Yahya sebagai Direktur Utama oleh Dewan Pengawas TVRI mencuri perhatian sebagian artis. Mereka menyayangkan hal tersebut. Sebab nyatanya, TVRI di bawah kepemimpinan Helmy Yahya telah banyak membantu terutama kepada para musisi.

Hal itu salah satunya disampaikan musisi Glenn Fredly. Glenn mengaku menyayangkan pemberhentian Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI.

1 dari 5 halaman

Bantu Kegiatan Musisi

Glenn mengunggah foto dirinya bersama Helmy Yahya. Glenn menceritakan saat itu dirinya sedang persiapan acara Konferensi musik Indonesia di Kota Ambon pada Maret 2018 lalu. Sosok Helmy Yahya kata Glenn banyak membantu pelaksanaan acara.

"Saat itu dengan latar Teluk Ambon saya berdiskusi bersama Direktur Utama @tvrinasional pak @helmyyahya untuk persiapan menjelang @kamimusik_id Konferensi Musik Indonesia pertama di kota Ambon 7-9 Maret 2018, saya harus akui dukungan yang besar tanpa basa basi birokrasi diberikan olehnya & TVRI untuk ikut terlibat dalam usaha memajukan ekosistem musik tanah air, sejak awal pak Helmy bahkan turun langsung sekaligus mengarahkan timnya untuk menyukseskan keberlangsungan Konferensi Musik Indonesia pertama ini, TVRI meliput & menyiarkan secara langsung puncak acara Konferensi Musik Indonesia di Ambon thn 2018," tulis Glenn di instagram.

Instagram Glenn Fredly 2020 Merdeka.com

2 dari 5 halaman

Pemberhentian Helmy Yahya Sebagai Dirut TVRI Sebuah Kerugian Besar

Glenn Fredy menyebut jika pemberhentian Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI merupakan sebuah kerugian besar. Apalagi Helmy Yahya memiliki kemampuan untuk mengelola TVRI menjadi semakin baik.

"Mendengar pemberhentian sepihak dari Dewan Pengawas atas kinerja Pak Helmy Yahya ini menurut saya merupakan kerugian besar bagi @tvrinasional yang tengah berbenah memperbaiki program serta citranya. TVRI harusnya bisa menjadi TV terbesar di negara ini, karena TVRI bukan milik perorangan, ibaratnya pemodal utama adalah masyarakat Indonesia sendiri," kata Glenn.

3 dari 5 halaman

Minta Presiden Jokowi Beri Perhatian

Glenn Fredly meminta Presiden Jokowi memberi Perhatian dan melihat persoalan sevara jernih.

"Berharap pak @jokowi bisa melihat dengan jernih polemik panjang dari masalah TVRI ( lembaga yang tanggung jawabnya langsung ke Presiden ) serta pemecatan sepihak atas Direktur utama Helmi Yahya yang mempunyai track yang baik dalam membenahi wajah program TVRI yang sudah terlihat hari ini. TVRI adalah wajah peradaban bangsa & negara ini," katanya.

4 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Helmy Yahya menuliskan komentar di postingan Glenn. Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan Glenn.

"Terima kasih, Glenn!" tulis Helmy Yahya.

5 dari 5 halaman

Akan Tempuh Jalur Hukum

Kuasa hukum Helmy Yahya, Chandra Hamzah mengatakan jika pihaknya sedang mempersiapkan langkah hukum soal pemberhentian Helmy Yahya sebagai Direktur Utama (Dirut) TVRI. Menurutnya, ini adalah hak setiap warga negara.

"Setiap warga negara punya hak untuk pertahankan haknya, dan Helmy Yahya akan menggunakan itu. Kami siapkan (langkah hukum) dalam waktu yang tidak terlampau lama dan akan segera kami luncurkan," kata Chandra seperti dikutip Liputan6.com. (mdk/end)

Baca juga:
Helmy Yahya Usai Diberhentikan dari Dirut TVRI: Tuhan Punya Rencana Lebih Baik
Dipecat Dewas TVRI, Helmy Yahya Tempuh Jalur Hukum
Helmy Yahya Pamerkan Keberhasilan Selama Pimpin TVRI
Dipecat Gara-Gara Siarkan Liga Inggris, Begini Respons Helmy Yahya
Helmy Yahya Diberhentikan dari Dirut TVRI, Tantowi Yahya Buka Suara

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.