Selain Cantik, Artis Indonesia Ini Juga Kritis Soal Masalah Sosial

ARTIS | 16 Oktober 2019 07:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Artis-artis Indonesia biasanya dikenal dengan kehidupan mewahnya. Beberapa dari mereka juga dikenal aktif di kegiatan sosial.

Mereka kerap melakukan kegiatan penggalangan dana hingga ikut mengomentari isu-isu yang tengah hangat di kalangan masyarakat.

Berikut para artis Indonesia yang tak hanya cantik, tetapi juga punya jiwa kritis dan memiliki rasa kemanusiaan tinggi:

1 dari 3 halaman

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro dikenal sebagai artis yang tak hanya cantik tapi juga kritis. Dia kerap mengkritik berbagai masalah yang menurutnya tak masuk akal. Salah satunya masalah RUU KUHP yang dinilainya tak wajar.

Dia juga mengkritisi penangkapan Ananda Badudu dan Dandhy Dwi Laksono. Dian mengaku bingung dengan penangkapan keduanya.

"Breaking news pagi ini: 1. Dandhy Laksono, aktivis, ex jurnalis, founder watchdoc, produser film sexy killers. Ditangkap polisi dgn UU ITE. 2. Ananda Badudu, musisi. Ditangkap polisi karena dianggap mendanai demo. Padahal dia cuma galang dana di kitabisa, utk bantu logistik mahasiswa. Kenapa jadi begini sih... ?" tulis Dian di dalam akun Instagramnya @therealdisastr.

2 dari 3 halaman

Melanie Subono

Tak hanya eksis di dunia artis, Melanie Subono juga aktif di dunia sosial. Selain itu, Melanie juga kerap mengkritisi beberapa kejadian akhir-akhir ini. Salah satunya soal penusukan Menteri Polhukam Wiranto.

"Saya di sini mau mengucapkan, Bapak Wiranto yang terhormat, semoga cepat sembuh, semoga operasi lancar, bisa pulang ke rumah. Bapak beruntung karena nama bapak adalah Wiranto, bukan Salim Kancil, Munir, Wiji Tukul, Novel Baswedan," katanya.

Selain itu, Melanie juga kerap memberikan donasi bagi masyarakat yang sedang terkena musibah. Salah satunya saat kebakaran hutan di Sumatera dan beberapa daerah lainnya.

"MENIT INI !!! ( di tv pasti ga ada karna yaaaahhhhh taulah ) , ini di DESA TELUK DUREN , KUMPEH, ulu JAMBI , Tanpa Edit , ini kamera Hp ... -

TITIK api kembali lagi , DONASI KALIAN yang BESOK PAGI Biasa gw posting , gue arahkan kembali kesini BOLEH ? -

Entah apalah yang terjadi , Indonesia," tulis Melanie di akun Instagramnya @melaniesubono.

3 dari 3 halaman

Karin Novilda

Karin Novilda atau biasa Awkarin menjadi salah satu selebgram yang kerap muncul karena aksi kemanusiaan. Awkarin pernah muncul di tengah-tengah mahasiswa yang sedang melakukan demonstrasi penolakan RUU KUHP. Kemudian membersihkan sampah-sampah usai demonstrasi dan terakhir ikut memadamkan api saat kebakaran hutan.

Namun, aksi itu justru mendapat kritikan dari politikus Budiman Sudjatmiko. "2 contoh kebaikan oleh 2 perempuan: 1. Awkarin & 2. Tri Mumpuni.. Yg pertama basisnya sensasi, yg ke 2 esensi. Kebaikan harus sensasional tp yg lebih penting juga esensial. Tak cukup salah 1. Budaya kita lebih suka yg pertama, meski tubuh kita butuh yg ke 2.." tulis Budiman di akun Instagramnya @budimandjatmiko.

Awkarin kemudian membalas sindiran tersebut. "Emang berbuat baik artinya 5 tahun lagi itu PASTI nyaleg ya? ???? Nggak minat politik, saya berkecimpung di dunia bisnis dan activist saja. Saya cuma mengaktualisasikan sifat kemanusiaan saya aja, biar lebih berguna buat sesama. Gak mau nyaleg kok, ngga usah takut..." tulis Awkarin. (mdk/dan)

Baca juga:
5 Artis Indonesia Ini Dapat Tambahan Nama Baru Usai Menikah
Para Artis Indonesia Dituding Pakai Jam Tangan Palsu, Terbaru Barbie Kumalasari
5 Artis Indonesia Ini Ternyata Punya Usaha Peternakan, Ada Anya Geraldine
4 Artis Indonesia Ini Kehilangan Bayi Kembar Saat di Kandungan
Deretan Artis Indonesia Berparas Cantik Putuskan Jadi Vegetarian