Tak Melulu Sukses, 10 Artis Indonesia Ini Pernah Gagal Berbisnis Rugi Miliaran Rupiah

ARTIS | 10 Desember 2019 05:00 Reporter : Astri Agustina

Merdeka.com - Deretan bisnis yang tekuni oleh artis Indonesia tak melulu raih kesuksesan. Ada yang bahkan pernah gagal dan merugi hingga miliaran rupiah. Siapa saja mereka?

Dilansir dari Brilio.net, setidaknya ada 10 artis Indonesia yang sempat mencoba peruntungan di dunia bisnis namun masih belum mendulang kesuksesan.

Penasaran? Berikut ulasan mengenai para artis Indonesia yang gagal berbisnis namun tetap bangkit dan tak merasa kapok.

1 dari 10 halaman

Tommy Kurniawan

Tahun 2013 silam, Tommy Kurniawan pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya. Ia harus gulung tikar untuk bisnis yang dijalaninya di bidang pertambangan yakni batu bara.

Sempat gagal berbisnis, Tommy tak trauma. Ia terus berupaya untuk mengembangkan bisnisnya di bidang lain. Kini ia mengembangkan bisnis startup di bidang olahraga.

2 dari 10 halaman

Manohara

Model cantik, Manohara pernah gagak dalam menjalani bisnis kosmetik. Tak berjalan lama, bisnis kosmetik yang ditekuninya itu berakhir hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Tentunya ini menjadi pengalaman berharga bagi mantan istri Pangeran Kelantan itu. Kegagalan itu terjadi lantaran ia memiliki masalah dengan pihak marketing.

3 dari 10 halaman

Dude Harlino

Sebelum sukses dengan bisnis kue kekinian bernama Jogja Scrummy, Dude Harlino sempat mengalami gagal dalam mengembangkan usahanya.

Ia pernah membuka restoran bertajuk Sushi Miyabi. Restoran milik Dude itu sempat berkembang pesat dan memiliki banyak cabang. Namun, ia justru mengalami kebangkrutan lantaran banyak anak cabang yang mengalami kerugian.

4 dari 10 halaman

Revalina S Temat

Sama dengan Dude Harlino, Revaline S Temat juga pernah membuka usaha kuliner khas Jepang dengan nama Terminale.

Resto yang sempat buka di kawasan Kelapa Gading, Jakarta itu akhirnya tutup karena sepi pengunjung.

5 dari 10 halaman

Raffi Ahmad

Dikenal sebagai artis papan atas yang memiliki begitu banyak lini bisnis, siapa sangka bila Raffi Ahmad pernah mengalami kegagalan di dunia bisnis.

Ia bahkan sampai rugi miliaran rupiah saat membuka bisnis resto. Meski rugi banyak, Raffi tak patah semangat. Ia terus mengembangkan bisnisnya hingga saat ini.

2019 Instagram Baim Wong

6 dari 10 halaman

Sahrul Gunawan

Tahun 2005 silam, Sahrul Gunawan sempat membuka usaha travel umrah dan haji plus. Namun, usaha yang dijalaninya itu mengalami pasang surut.

Sahrul berupaya untuk mempertahankannya dengan menggelontorkan uang hingga miliaran rupiah. Namun,hasilnya ia tetap merugi.

7 dari 10 halaman

Marcel Chandrawinata

Marcel Chandrawinata sempat mengalami kerugian hingga Rp3,5 miliar saat bisnis tas ekspor dan impor. Tak hanya sekali, ia sempat mengalami beberapa kali gagal dalam bisnis.

Kegagalan yang dialaminya disebabkan karena ia terlalu percaya dengan rekan bisnisnya. Tak ada perjanjian hitam di atas putih.

8 dari 10 halaman

Teuku Rassya

Teuku Rassya sempat membuka usaha jual beli ponsel di ITC. Toko yang menjual berbagai gawai itu pun sepi peminat lantaran berada di lantai dua.

Ia pun mengalami kerugian besar. Meski begitu, anak Tamara Bleszynski ini tak trauma dan memulai mendalami bisnis garment seperti clothing line bersama teman-temannya.

9 dari 10 halaman

Donna Agnesia

Donna Agnesia bersama sang suami membuka resto Meet the Beef. Tak bertahan lama, bisnis yang dirintisnya ini harus gulung tikar.

Kejadian tersebut membuat Donna berpikir dua kali untuk kembali terjun ke dunia bisnis.

10 dari 10 halaman

Baim Wong

Baim Wong sempat merintis bisnis kuliner bernama Bakmi Wong. USaha tersebut diperjalanannya sempat merugi sebanyak Rp1,5 miliar.

Ia bahkan merelakan mobilnya untuk dijual sebagai ganti rugi. Kegagalan yang dialami Baim itu dinilai sebagai awal untuk menuju kesuksesan. (mdk/end)

Baca juga:
5 Artis Indonesia Ini Gak Gengsi Jualan di Kaki Lima
Kaya Raya dan Harmonis, 5 Pasangan Artis Ini Sukses Bangun Kerajaan Bisnisnya Bersama
6 Artis Indonesia Punya Bisnis Hijab, Harganya Jadi Sorotan
7 Sumber Penghasilan Jessica Iskandar Selain Jadi Artis, Bisnis Roti Sampai Properti
Toko Kue Kekinian Milik Zaskia Adya Mecca Tetap Ngehits, Ini yang Dilakukannya
Deretan Kisah Penuh Perjuangan Ruben Onsu Bangun Bisnis Kuliner dari Nol

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.