Usai melahirkan, Poppy Bunga stress ASI-nya tidak keluar

ARTIS | 20 Juli 2018 19:36 Reporter : Sumber:

Merdeka.com - Poppy Bunga baru saja dikaruniai anak kedua pada hari Selasa (17/7). Setelah sebelumnya punya seorang putri, anak kedua Poppy dan Muhammad Fattah Riphat ini berjenis kelamin laki-laki. Setelah sehat, Poppy ditemani sang suami menggelar konferensi pers di RS Meilia, Cibubur, Jumat (20/7). Bayi ganteng itu diberi nama Muhammad Arkandra Malik Riphat.

Proses persalinan ini pun dirasakan sangat berbeda oleh Poppy dibandingkan kelahiran putri pertamanya, Khanza. Yang membuatnya sempat panik adalah karena asi (air susu ibu) baru keluar tiga hari setelah melahirkan.

"Hari ini (Jumat) baru keluar. Jadi benar-benar panik banget. Dia nangis terus setiap hari, walaupun sebenarnya dia nggak minum susu 3 hari pasca melahirkan sih. Aman sebenarnya kan, masih ada cadangan makanan. Tapi tetap aja dia nangis. Jadi aku kan stress gitu, terus nggak keluar-keluar, jadi aku minum obat. Tapi Alhamdulillah hari ketiga keluar. Sedangkan waktu Khanza di hari pertama itu Alhamdulillah langsung keluar," cerita Poppy.

Poppy juga punya pengalaman dalam pemberian ASI untuk putri pertamanya. Karena ada masalah Poppy hanya memberi ASI kepada Khanza sampai empat bulan saja. Makanya untuk anak kedua ini, dia mengaku ingin sekali bisa memberikan ASI sampai sang putra berusia 2 tahun.

"Khanza dulu kena Pneumonia, ada alergi juga dan ASI-nya cuma empat bulan, jadi aku benar-benar sekarang pengin banget 2 tahun supaya imun dia (Arkan) kuat juga. Aku pengin bandingin nih kalau misalnya susunya sampai 2 tahun sehat terusenggak, mudah-mudahan sehat terus lah beda sama kakaknya. Karena kakaknya itu sampai umur 2 tahun masuk rumah sakit terus, makanya Arkan harus jauh kebih baik lagi ke depannya," harap Poppy.

Satu pengalaman lagi, Poppy akan lebih sering pompa ASI untuk persediaan. Dulu dia sering dimarahi suami karena malas melakukan ini. "Ternyata pas ASI-nya berhenti di empat bulan waktu Khanza, aku nggak ada stok ASI. Anaknya jadi susu formula kan minumnya, jadi sekarang Insya Allah bakal rajin stok ASI, nurut sama suami," pungkas Poppy.

(kpl/rhm/pit)


Sumber: Kapanlagi.com