Viral Menu Garuda Indonesia, YouTuber Rius Vernandes Dipanggil Polisi

ARTIS | 17 Juli 2019 05:00 Reporter : Astri Agustina

Merdeka.com - Sebuah foto yang diunggah oleh YouTuber Rius Vernandes terkait menu tulis tangan maskapai Garuda Indonesia membuatnya harus berurusan dengan pihak berwajib.

Belum lama ini, Rius mengunggah foto secarik kertas yang merupakan menu yang ada di kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia. Rupanya, foto itu viral.

1 dari 3 halaman

Panggilan Polisi

instagram rius vernandes

Rius di instagram pribadinya mengunggah foto dua buah amplop coklat dari pihak kepolisian. Pada amplop tersebut tertulis namanya dan sang kekasih, Elwiyana Monica.

Rius tak secara gamblang menjelaskan tentang isi surat panggilan tersebut. Namun, ia dilaporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik.

"Guys, gue sama Elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami di laporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. GW yakin kalin tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapa pun," jelas Rius di instagram.

2 dari 3 halaman

Minta Dukungan

instagram rius vernandes

Rius tak ada sedikitpun niat untuk mencemarkan nama baik siapa pun. Ia hanya seorang YouTuber yang mencoba mengabadikan setiap momen. Untuk itu, ia meminta dukungan atas kasus ini.

"Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Siapa pun. Kalian semua punya suara. Terutama teman-teman influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, kita bisa dipidana," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Kronologi Kejadian

instagram rius vernandes

Dilansir dari liputan6.com, Rius mengunggah foto tulisan tangan pramugari berisi daftar menu makanan saat menumpang pesawat Garuda Indonesia.

Rius menaiki pesawat rute Sidney-Jakarta dan transit di Denpasar. Unggahan itu viral dan disinyalir menjadi pemicu aturan baru maskapai yang melarang awal pesawat maupun penumpang untuk tak membuat foto atau video dalam pesawat.

Atas masalah tersebut, Rius membuat video klarifikasi. Dalam vidoe tersebut Rius menyoroti menu makanan yang ditulis di kertas biasa. Sang pramugari yang bertugas saat itu beralasan kertas menu yang resmi belum selesai dicetak dan berinisiatif menulisnya di kertas.

"Bagi kalian yang pernah ngelihat vlog-vlog gue, kalian pasti tahu kalau gua selalu ngelihatin menunya setiap kali mau nge-review makanan," tutur Rius pada video yang diunggah Minggu (14/7) lalu. (mdk/end)

Baca juga:
Rius Vernandes vs Garuda Indonesia, Polisi Kantongi 2 Alat Bukti
Youtuber Rius Vernandes Minta Pemeriksaan Terkait Garuda Indonesia Ditunda
Penumpang Lion Air Harus Izin Jika Mau Ambil Foto dan Video di Pesawat
Karyawan Garuda Indonesia Dukung Pelaporan Youtuber Posting Menu Tulis Tangan
Sebar Kertas Menu Kelas Bisnis, Dua YouTuber Dipolisikan Garuda Indonesia