BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Kesehatan

Buat yang muda, yakin sudah sehat? Yuk segera cek gula darahmu

"Kami berupaya meningkatkan kesadaran para anak muda di Bandung untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini," kata Reskia.

Oleh: Astri Agustina 31 Juli 2017 10:14
Prodia Healthy Fun Festival

Merdeka.com, Bandung - Saat diri merasa sehat karena secara fisik bisa melakukan berbagai aktivitas, namun yakinkah Anda memang benar-benar sehat? Jangan beranggapan begitu sebelum melakukan pemeriksaan terutama gula darah. Nampak seperti orang sehat, waspada bila ternyata Anda merupakan penderita diabetes.

Indikasi dasar dari penyakit diabetes ini sebenarnya sederhana dan bahkan tak ada bedanya dengan orang sehat pada umumnya yakni kerap merasa lapar, merasa haus, dan sering buang air kecil. Biasa saja bukan? Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan gula darah sejak dini.

Khususnya bagi kawula muda yang merasa tidak menjalani pola hidup sehat, melakukan pemeriksaan sesegara mungkin sebaiknya dilakukan. Tentu saja tujuannya sebagai antisipasi untuk melakukan pencegahan bila dikhawatiran terindikasi mengidap suatu penyakit.

Marketing Communication Manager PT Prodia Widyahusada, Reskia Dwi Lestari mengatakan, gaya hidup sebagian besar anak muda Bandung yang dinilai tak sehat membuat berbagai penyakit cepat menghinggapi mereka dengan pola hidup tidak teratur.

Berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, kanker, penyakit jantung, serta kesehatan mental menjadi bayangan buruk bagi anak muda yang hidup dimasa sekarang.

"Kami berupaya meningkatkan kesadaran para anak muda di Bandung untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini melalui Brand Activation 'LetsCheckUp'," ujar Reskia kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara "Prodia Healthy Fun Festival", kemarin.

LetsCheckUp ini adalah sebuah gerakan yang memberikan tantangan bagi anak muda di lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta untuk melakukan pemeriksaan sindrom metabolik. Tujuannya membantu diagnosis sindrom metabolik, dan mendeteksi dibi resiko komplikasi dimasa mendatang seperti diabetes melitus.

"Program LetsCheckUp ini terbuka untuk siapa saja baik pria dan wanita berusia 20 hingga 35 tahun. Kegiatan ini sekaligus untuk menantang anak muda Bandung seberapa sehat mereka sekaligus mengampanyekan screening dini tersebut agar bisa mendeteksi lebih dini penyakit-penyakit yang menjangkit tubuh mereka," jelasnya.

Dalam gelaran Prodia Healthy Fun Festival di Trans Studio Mall, disediakan pula pemeriksaan laboratorium yang umum dilakukan terkait prediabetes, yaitu glukosa puasa dan HbA1c. Kedua pemeriksaan tersebut memiliki manfaat masing-masing.

Untuk pemeriksaan glukosa darah puasa merupakan pemeriksaan umum yang dilakukan untuk menilai kadar gula darah puasa. Sedangkan HbA1c merupakan pemeriksaan gula darah yang dapat mencerminkan rata-rata kadar gula darah dalam waktu kurang lebih dua hingga tiga minggu bulan sebelum melakukan pemeriksaan.

(mt/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG