BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Layanan Kesehatan

Hari ini KAI buka layanan kesehatan gratis Rail Clinic, silakan datang!

Pemeriksaan kesehatan ini digelar di sekitar Stasiun Batu.

Oleh: Astri Agustina 28 Januari 2018 13:14
Salah satu atraksi hiburan di Rail Clinic PT KAI

Merdeka.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis di sekitar Stasiun Cibatu. Menurut Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal, kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan.

"Bakti sosial ini merupakan kepedulian bersama antara PT KAI dan GE dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya pemeriksaan kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic untuk warga di sekitar Stasiun Cibatu," ujar Saridal kepada Merdeka Bandung, kemarin.

Rail Clinic adalah satu set Kereta Kesehatan yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk Rail Clinic yang akan hadir di Stasiun Cibatu adalah Kereta Kesehatan generasi ke empat yang terdiri dari 4 trainset. Rail Clinic generasi ke-4 terdiri atas empat unit kereta atau gerbong.

Dua kereta untuk kesehatan dan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library. Sedangkan, pada Rail Clinic generasi-generasi sebelumnya hanya terdiri atas dua unit kereta kesehatan saja di tiap rangkaiannya.

Selain fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah tersedia pada Rail Clinic generasi sebelumnya, versi generasi ke empat ini dilengkapi dengan fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit, seperti kanker, diabetes, dan sebagainya.

Sementara, kehadiran Rail Library, menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca warga sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat. Di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk kalangan anak-anak sampai pengetahuan umum untuk dewasa.

Selain buku-buku manual, juga tersedia fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak. Rail Clinic generasi ke empat merupakan sinergi BUMN antara KAI dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam hal bantuan peningkatan kesehatan untuk pengadaan peralatan medis berupa alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini mengundang kurang lebih 200 warga di sekitar Stasiun Cibatu. Selain pemeriksaan kesehatan, Tim dari PTKAI dan GE bersama-sama melaksanakan renovasi minor berupa pengecetan Stasiun Cibatu.

"Kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan dan mempererat kerjasama yang sudah terjalin antara PT KAI dan GE Transportation. Kemitraan GE Transportation dan PT KAI tidak terbatas hanya sebagai penyedia teknologi. Kami berkomitmen untuk mendukung PT KAI dalam visinya sebagai salah satu pendorong pembangunan di Indonesia, ungkap Detri Triyadi, Sales Director GE Transportation," katanya.

(mt/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG