BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Imlek

Imlek tahun ini penuh angka 8, apa maknanya?

Orang yang memiliki keyakinan tinggi masih menjalani tradisi sembahyang di delapan vihara pada hari ke delapan Imlek.

Oleh: Iman Herdiana 9 Februari 2016 10:34
Wong Tjeping atau akrab disapa Koh Ahoy

Merdeka.com, Bandung - Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 8. Ada tradisi mengunjungi delapan vihara pada hari ke delapan. Dalam keyakinan Tionghoa, angka delapan mengandung hoki atau keberuntungan.

Pengurus Vihara Girimetta, Wong Tjeping atau akrab disapa Koh Ahoy mengatakan, orang yang memiliki keyakinan tinggi masih menjalani tradisi sembahyang di delapan vihara pada hari ke delapan Imlek.

"Dalam keyakinan kami, angka 8 dan 9 itu bagus. Di kami juga ada 8 dewa. Delapan artinya keberuntungan, bagi yang usaha akan lancar, bebas dari penyakit, dan kebaikan-kebaikan lainnya," terang Koh Ahoy, kepada Merdeka Bandung, Senin (8/2).

Ia menjelaskan, vihara yang dikunjungi dalam tradisi mengunjungi delapan vihara pada hari kedelapan Imlek bersifat bebas, mau vihara besar ataupun kecil. "Yang penting delapan vihara," tandasnya.

Orang yang melakukan tradisi tersebut, kata dia, akan diliputi keberuntungan. Terlebih dalam perhitungan fengshui, tahun 2016 ini shionya monyet api yang penuh dengan keberuntungan dan kebaikan.

"Sekarang kan monyet api, kalau monyet kan jenaka, banyak guyon, banyak kejutan yang lucu, Banyak ngebodorlah," jelasnya.

Ia menambahkan, tahun monyet api cocok untuk membuka usaha. Sebab tahun ini tahun yang penuh berkah. Namun dalam membuka usaha itu diperlukan kelincahan dan semangat.

Koh Ahoy sendiri mendoakan agar Imlek tahun ini bisa membawa kebaikan bagi Indonesia. "Pemerintahan makin lancar dan rakyatnya makmur sejahtera," katanya.

(ff/ih)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG