BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Kesehatan

Jangan anggap remeh, ini manfaat besar sarapan

Sarapan merupakan momen penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar.

Oleh: Astri Agustina 6 Maret 2017 11:07

Merdeka.com, Bandung - Bicara soal sarapan, rupanya masih banyak orang yang salah kaprah. Komposisi makanan yang tak diperhatikan membuat sarapan menjadi sia-sia. Padahal, sarapan merupakan momen penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar selama seharian menjalani beragam aktivitas.

Sarapan sehat yang harus dilakukan sebelum pukul sembilan pagi merupakan kebiasaan yang sudah harus ditanamkan di dalam keluarga. Masyarakat diharapkan memulai hari dengan sarapan membentuk kebiasaan baik, namun edukasi dan informasi kandungan sarapan yang dikonsumsi harus mulai juga diperhitungkan kandungan gizinya agar manfaat sarapan bisa maksimal.

"Sarapan sehat itu harus dilakukan agar mampu menunjang aktivitas seharian," ujar perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Ulul Albab, Sp. OG dalam acara 'Gerakan Nasional Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Bersama Energen' di Lapangan Hubdam, Tegalega', Minggu (5/3).

Sarapan yang baik, kata dia, harus mengandung zat cair dan zat padat. Kombinasi tersebut dapat menunjang metabolisme yang diperlukan tubuh. Intinya, sarapan sehat harus dengan komposisi yang benar, tidak hanya banyak tetapi juga harus mengandung zat gizi yang tepat.

"Gizi yang terkandung di dalam sarapan sehat harus memiliki komposisi yang tepat juga memberi tenaga. Oleh karena itu, format susu sereal dapat menjadi alternatif yang sehat karena memenuhi semua syarat komposisi sehat dari sebuah sarapan sehat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardiansyah menjelaskan, dengan adanya kampanye nasional 'Sarapan Sehat sebelum Jam 9' kini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai paham akan pentingnya sarapan sehat.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya sarapan sehat dan kandungan gizi yang dibutuhkan. Sarapan dapat dikatakan sebagai sarapan sehat bila memenuhi dua syarat utama. Yaitu waktu yang tepat, dan komposisi gizi yang tepat juga aman," papar Hardiansyah.

(mh/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG