BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Makanan sehat

Manfaat 'tersembunyi' selada buat kesehatan, terutama bagi ibu hamil

Nutrisi pada daun selada sangat dibutuhkan oleh janin di dalam rahim ibu.

Oleh: Mohammad Taufik 25 Februari 2016 10:31
Ilustrasi selada

Merdeka.com, Bandung - Daun selada seringkali disandingkan sebagai kudapan berbagai hidangan makanan orang Indonesia. Daun ini bisa dimakan mentah bersama sambal atau lauk lainnya. Namun tidak banyak orang tahu manfaat daun ini bagi kesehatan.

Selada ternyata kaya akan nutrisi yang bagus buat tubuh, terutama bagi ibu hamil. Nutrisi pada daun selada sangat dibutuhkan oleh janin di dalam rahim ibu. Dikutip dari boldsky.com, selada juga mengandung banyak mineral penting, asam folat, zat besi, kalium, kalsium, klorida, vitamin dan serat makanan.

Kandungan serat dalam selada membantu mencegah sembelit. Vitamin K mampu mencegah pembekuan darah, sehingga mengurangi perdarahan saat persalinan. Sekarang asam folat dalam selada melindungi bayi dari beberapa cacat lahir. Hal ini juga membantu untuk mencegah anemia pada trimester awal kehamilan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat daun ini. Berikut ini beberapa manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil:

Mencegah bayi cacat saat lahir

Asam folat dalam selada mencegah cacat lahir pada bayi yang baru lahir. Vitamin dan mineral yang ada di dalamnya memastikan kehamilan sehat. Selain itu kandungan vitamin K juga bagus untuk mencegah risiko perdarahan.

Mencegah sembelit

Kandungan serat pada daun selada bagus untuk mencegah sembelit dan melancarkan proses pencernaan. Artinya, kandungan serat tersebut bagus untuk menurunkan bahaya selama kehamilan. Kandungan klorida hadir di dalamnya juga membantu pencernaan dan menormalkan cairan tubuh.

Bikin cepat tidur

Daun selada ternyata juga bagus dikonsumsi buat orang-orang yang memiliki masalah sulit tidur. Selada akan mampu membuat orang mengantuk lalu tertidur serta memperbaiki kualitas tidur. Artinya, bagi ibu hamil yang biasanya memiliki masalah tidur dan istirahat yang tidak tepat, bagus mengkonsumsi daun ini. Ini memudahkan sinyal neuronal dan sebagai relaksasi pada kehamilan.

Menurunkan kolesterol

Selada juga bermanfaat dalam mengatur kadar kolesterol. Seiring dengan itu, juga mencegah risiko serangan jantung atau stroke. Jadi, sangat penting sering-sering mengkonsumsi sayuran ini untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Anti-kanker

Manfaat penting lain daun selada sangat membantu dalam mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara dan leukemia. Antioksidan yang ada dalam selada bagus untuk memerangi dan sebagai pengamanan terhadap berbagai jenis kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan yang ada dalam selada juga mampu menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA pada kehamilan. Ini meningkatkan kekebalan dan mencegah risiko pengembangan penyakit berbahaya dan gangguan dalam tubuh.

(mt/mt)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG