BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Musik

Salamander Big Band bakal gelar konser Minggu depan

Tahun ini SSAS berkesempatan menjadi tuan rumah perhelatan Konser Tengah Tahun Salamander Big Band.

Oleh: Astri Agustina 7 Juli 2017 13:49
Salamander Big Band

Merdeka.com, Bandung - Salamander Big Band siap menggelar konser. Pertunjukan musik itu akan diselenggarakan, Kamis (13/6) mendatang di Amphitheater Selasar Sunaryo Art Space. Kegiatan tersebut akan berlangsung pukul 19.30 WIB.

Selain mengembangkan bidang seni rupa dan seni pertunjukan melalui program-program pilihan, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) juga berinisiatif untuk mendukung perkembangan seni musik, terutama jazz, salah satunya melalui program JazzSphere @Art Space.

Tahun ini SSAS berkesempatan menjadi tuan rumah perhelatan Konser Tengah Tahun Salamander Big Band. Salamander Big Band terbentuk pada 17 September 2006 di Bandung, atas inisiasi sekelompok musisi muda Bandung sebagai wadah pengembangan dan apresiasi musik jazz dalam format ensambel.

Terdiri atas 25 personel yang secara rutin berlatih di Salamander Music School, mereka kerap mengadakan lokakarya dengan pemateri tamu musisi senior seperti Ack von Rooyen dan Dieter Mack untuk memperkaya pemahaman para musisi muda serta memberikan warna yang berbeda dalam perjalanan olah musik Jazz dalam format Big Band.

Dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, setiap tahunnya Salamander Big Band menyelenggarakan dua konser spesial bertajuk konser tengah tahun dan konser ulang tahun.

Sepanjang 11 tahun eksis di tengah skena musik jazz tanah air, mereka telah menyelenggarakan serta terlibat dalam sederet perhelatan skala regional hingga internasional, di antaranya 'Salamander Swinging 12 Indonesian Songs – A Jazz Big Band concert based on Indonesian Folksongs and Music Legends' (Feat. Frank Reinshagen, Tula R. Samdjoen, Sam Bimbo and Gilang Ramadhan).

Serta, BP Bumi Sangkuriang, Bandung dan GoetheHaus, Jakarta, 15 & 17 November 2007, 'Salamander Big Band Thailand Tour Concert', The National Library Bangkok, SF Cineplex Lampang, The Ao Nang Cliff Hotel & Resort Krabi, 18, 20 & 24 Desember 2013 feat. Thorsten Wollmann (Jerman), dan 'JavaJazz Festival 2015', Jakarta, 7 Maret 2015

Konser Tengah Tahun kali ini akan menampilkan Imelda Rosalin, Gail Satiawaki, Nenden Syintawati, Amalia Ramdhan, Sekar Teja, Devi Remondi, Addi Sigera, dengan Devy Ferdianto sebagai konduktor, serta kolaborasi spesial dengan Imam Pras, pianis jazz yang juga pengagum Chick Corea dan Herbie Hancock.

Pras pernah berguru kepada pianis-pianis jazz terkemuka seperti Elfa Secioria, Bambang Nugroho dan Indra Lesmana. Ia mendirikan kelompok Imam Pras Quartet (IPQ) dan bersama IPQ memproduksi mini album yang beredar di kalangan terbatas pada 2006. Dalam beberapa kesempatan, ia dipilih untuk mengisi pos musical director dari beberapa kegiatan musik jazz.

Salah satunya pada penyelenggaraan 'JAZZ MERDEKA, Gelar Karya Anak Bangsa', Agustus 2006 di SSAS dan 'JAZZ FUTURES; The Future of Jazz Piano', bulan Mei 2007 dan diselenggarakan di Graha Sanusi Hardjadinata. Tahun 2010 Imam Pras mendirikan TCP/IP (The Collaboration Project of Imam Pras).

Sebagai penata musik album Jazz For Family (Children Song with Jazz Flavor), Imam Pras menjadi nominasi AMI Award 2011. Kolaborasi Salamander Big Band dan Imam Pras akan menyuguhkan lagu-lagu romantik yang dapat dinikmati tanggal 13 Juli di Amphitheater SSAS pukul 19.30 WIB.

(mt/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG