BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Musik

Sandekala, Proyek Album Solo Karier Perdananya Risa Saraswati

‘Sandekala’ yang berarti senja kala adalah waktu pergantian siang dan malam atau magrib.

Oleh: Astri Agustina 16 November 2018 19:40

Merdeka.com, Bandung - Memulai karier bermusik sejak awal tahun 2000-an, ini untuk pertama kalinya Risa Saraswati meluncurkan proyek solo. Lewat ‘Sandekala’, wanita yang dikenal dengan kemampuan supranaturalnya karena bisa berkomunikasi dengan makhluk gaib itu menunjukkan eksistensinya dalam bermusik.

Tujuh tahun sudah band yang digawangi oleh Risa yakni Sarasvati vakum di dunia musik. Sulitnya menemukan waktu bersama para punggawa Sarasvati membuat Risa akhirnya memberanikan diri untuk menelurkan album solo perdana.

Konser ‘Sandekala’ digelar Jumat (16/11) di Gedung Kesenian Rumentang Siang. Ada 300 penonton yang menyaksikan konser tersebut. Di konser ini, Risa juga akan meluncurkan album juga buku yang bertajuk sama ‘Sandekala’ yang berarti Senja Kala.

“Sebenarnya saya membuat ‘Sandekala’ ini untuk Sarasvati. Cuma karena kesibukan masing-masing personel Sarasvati, akhirnya saya meminta izin untuk meluncurkan ini menjadi sebuah proyek solo. Hingga kini ‘Sandekala’ menjadi proyek solo saya,” ujar Risa.

‘Sandekala’ yang berarti senja kala adalah waktu pergantian siang dan malam atau magrib di mana saat itu makhluk-makhluk halus mulai berkeliaran. Di dalam buku dan lagu-lagu yang ada di album ini pun bercerita tentang kemunculan hantu yang muncul di kala itu.

Kolaborasi apik Risa Saraswati dan Rika Rafika

Mengaku mengidolakan sosok Rika Rafika, siapa sangka bila kini Risa Saraswati justru bisa berkolaborasi dengan idolanya itu. Risa mengaku mengagumi suara emas yang dimiliki oleh Rika. Terlebih saat Risa menyaksikan pertunjukkan musik Rika, ia kerap terpukau.

Risa bercerita, saat ia masih bekerja di Padepokan Seni Mayang Sunda, beberapa kali kerap menyaksikan konser penyanyi Pop Sunda itu. Tak hanya menyaksikan konser, Risa pun berkenalan dengan Rika dan pertemuan keduanya hanya sebatas itu.

Tahun 2016 silam keduanya bertemu di salah satu kampus swasta di Bandung dan melanjutkan kuliah magisternya di tempat yang sama. Pertemuan itu membuahkan hasil. Risa mengajak Rika untuk sebuah proyek duet.

“Pas kami ketemu tahun 2016, ngobrol. Sudah gitu, dari obrolan itu akhirnya ada obrolan lain yang kayaknya asyik nih kalau bikin proyek. Ya sudah ‘Sandekala’ ini saya langsung kasih ke Teh Rika,” ujar Risa.

Berkolaborasi dengan sang idola membuat Risa tentunya mendapat kesempatan yang telah dinantikan sejak lama. Kata Risa, Rika mampu memberikan nyawa dalam lagu terbarunya itu.

(mh/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG