BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP
Info Kesehatan

Yakin sudah mencuci tangan dengan benar?

Saat mencuci tangan, sebaiknya dilakukan dengan sabun dan di bawah air mengalir.

Oleh: Astri Agustina 12 Oktober 2016 11:33
Ilustrasi mencuci tangan

Merdeka.com, Bandung - Anda termasuk orang yang rajin cuci tangan atau justru malas mencuci tangan? Rajin ataupun malas, pastikan cara mencuci tangan Anda benar dan mampu menyeka seluruh noda dan bakteri yang berkumpul di tangan.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit Hasan Sadikin (PPIRSHS), Dr. Anggraini Alam mengatakan, menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan sesering mungkin sangatlah penting. Namun pastikan cara mencuci tangan Anda benar.

"Ada enam tahapan dalam mencuci tangan, pastikan semua tahapan tersebut dilakukan dengan benar," ujar Anggraini kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara Hari Mencuci Tangan Nasional di SD Sejahtera 1 & 4 di Jalan Sejahtera, Rabu (12/10).

Enam tahapan cuci tangan yang benar adalah menggosok kedua telapak tangan, mengosok kedua punggung tangan dengan merata, menggosok sela-sela jari tangan, menggosok buku-buku jari tangan, menggosok ibu jari dan menggosok jari tangan.

Saat mencuci tangan, sebaiknya dilakukan dengan sabun dan di bawah air mengalir. Mencuci tangan memang tak ada anjuran rentang waktunya, namun bila dilakukan sesering mungkin tentu akan membuat Anda bisa tercegah dari berbagai penularan penyakit.

Tangan diyakini sebagai penularan pertama berbagai penyakit karena dapat secara tidak sadar memegang berbagai hal yang mengandung kuman. Dengan mencuci tangan akan memutus rantai penularan penyakit.

"Sekarang lebih baik menerapkan pola hand higient, jadi kepedulian untuk menjaga tangan tetap bersih akan terus diperhatikan. Bila tidak ada air bersih untuk mencuci tangan, bisa memilih alkohol ataupun hand sanitizer yang lebih praktis," kata Anggraini .

(ff/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG