BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Inovasi

Bandung siap jadi etalase hasil produksi ekonomi kreatif

Peluang Bandung untuk memasarkan hasil hasil ekonomi kreatif cukup besar.

Oleh: Farah Fuadona 31 Maret 2016 15:19
Ridwan Kamil menjadi pembicara kegiatan Indonesia Creative Cities Conference 2016 di Kota Malang

Merdeka.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, pihaknya siap menjadi tempat memasarkan hasil ekonomi kreatif dari berbagai daerah. Mengingat wilayahnya menjadi salah satu destinasi wisata.

"Saya membuka diri Bandung jadi etalase produksi kreatif kota di Indonesia" ujar Ridwan saat menjadi pembicara dalam kegiatan Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016 di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (31/3).

Menurutnya, menjadi salah satu kota wisata di Indonesia. Peluang Bandung untuk memasarkan hasil hasil ekonomi kreatif cukup besar. Belum lagi wisatawan di kota itu banyak dari mancanegara, sehingga hasil dari pelaku ekonomi kreatif bisa lebih dikenal.

"Indonesia karena turisnya banyak. Tetapi tinggal wali kota atau bupati yang ditawarkan mau atau tidak," terangnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menambahkan, Kota Bandung sendiri sudah menjalankan sejumlah subsektor dari ekonomi kreatif. Mereka paham, bekerjasama dengan orang-orang kreatif penting untuk membangun wilayah tersebut.

"Saya tidak mendikte, saya memberi ruang-ruang saja. Orang kreatif kalau didikte ya stres, seperti bola tenis bisa malah memantul," terangnya.

Dirinya berharap seluruh kabupaten atau kota bisa menjalankan industri ekonomi kreatif. Pasalnya, mereka akan banyak mendapat keuntungan dari pembangunan kota melalui sektor tersebut.

"Saya membagi pengalaman bagaimana dalam mimpi Indonesia agar kreatif pemda kabupaten atau kota mengambil peran seperti apa. Kita menyediakan ruang kreatif tetapi tidak mendikte. Karena mereka memiliki cara sendiri, tapi kekurangannya ruang seperti ruang fasilitas," jelas Emil.

(ff/ff)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG