BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Layanan Kesehatan

Periksa gigi di Unpad yuk, gratis loh

Selama 3 hari, masyarakat Bandung dan sekitarnya bisa melakukan pemeriksaan serta perawatan gigi gratis di RSGM FKG UNPAD.

Oleh: Astri Agustina 25 September 2017 12:49
periksa gigi

Merdeka.com, Bandung - Memeriksakan gigi secara berkala selama enam bulan sekali sangatlah penting. Namun, hal tersebut jarang sekali dilakukan. Bahkan, tak sedikit orang yang datang ke dokter gigi hanya pada saat mengalami keluhan sakit ataupun ngilu. Tak hanya itu, kendala biaya juga kerap membuat sebagian orang enggan datang ke dokter gigi. 

Bagi Anda yang ingin memeriksakan gigi tanpa harus merogok kocek sendiri, datanglah ke kegiatan tahunan Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang diselenggarakan oleh Pepsodent bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). 

Hajatan yang diselenggarakan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Pajajaran, Jalan Sekeloa itu ditujukan bagi siapa saja yang ingin memeriksakan giginya secara gratis. Ditujukan seara khususnya bagi anak-anak, kegiatan ini berupaya untuk memberikan edukasi pentingnya merawat gigi bagi anak. 

Tahun ini BKGN hadir semakin luas di 57 lokasi yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten di seluruh Indonesia mulai 12 September hingga 29 November 2017 dengan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjajaran (UNPAD) menjadi salah satu pelaksana rangkaian kegiatan BKGN 2017.

"Pepsodent selalu konsisten dalam menekan jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia. BKGN merupakan agenda rutin tahunan kami, di mana setiap tahun kami mengangkat tema untuk pesan edukatif kesehatan gigi yang berbeda," Senior Brand Manager Pepsodent, Imelda Wira kepada Merdeka Bandung, Senin (25/9). 

Tahun ini, BKGN mengusung tema ‘Merdeka dari Gigi Berlubang’ dengan mengajak keluarga Indonesia memeriksakan kesehatan gigi secara teratur. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan perlindungan terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran dan Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Dr. Nina Djustiana, drg. MKes menjelaskan, rangkaian acara BKGN 2017 yang hadir meluas di 22 FKG seluruh Indonesia, salah satunya di FKG Universitas Padjajaran Bandung pada tanggal 25 – 27 September 2017. 

Selama tiga hari, masyarakat Bandung dan sekitarnya diberi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan gigi gratis di RSGM FKG UNPAD yang berlokasi di Jl. Sekeloa Selatan I, Bandung. 

"Setiap tahunnya BKGN menjadi momen untuk mengingatkan keluarga Indonesia memeriksa kesehatan gigi secara rutin. Untuk itu, kami mempersiapkan 300 tenaga kesehatan gigi yang terdiri dari para dosen dokter gigi dan dokter gigi spesialis serta mahasiswa FKG UNPAD untuk dapat mengakomodasi antusiasme masyarakat Bandung mendapatkan perawatan kesehatan gigi melalui kegiatan BKGN yang bermanfaat ini,” papar Nina.

Selain hadir di FKG seluruh Indonesia, BKGN 2017 memperluas kesempatan masyarakat Indonesia mendapatkan perawatan kesehatan gigi melalui PDGI cabang yang jumlah keikutsertaannya terus meningkat setiap tahunnya. Tahun ini BKGN hadir di lebih banyak titik PDGI cabang, yaitu di 35 lokasi berbeda yang memiliki tingkat prevalensi permasalahan gigi dan mulut tinggi. 

Berdasarkan Riskesdas 2013, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan merupakan dua provinsi dengan prevalensi tinggi diatas 35 persen. 

Berdasarkan data tersebut, beberapa PDGI cabang seperti Bantaeng, Bone, Bulukumba, Gowa, dan Banjarmasin yang berada di dua provinsi tersebut turut berpartisipasi melaksanakan kegiatan BKGN 2017 yang juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bebas Karies di tahun 2030.

 

(ff/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG