BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Wisata Alam

21 Perempuan ekspedisi “Kartini goes to Ciletuh Geopark”

Mereka juga berencana menancapkan bendera Merah Putih dan bendera Unpad di Puncak Dharma Ciletuh..

Oleh: Iman Herdiana 17 April 2016 17:21

Merdeka.com, Bandung - Sebanyak 21 perempuan dari berbagai profesi melakukan ekspedisi “Kartini goes to Ciletuh Geopark,” Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ekspedisi yang bertujuan memperkenalkan “Ciletuh Geopark” itu dilakukan sejak 15-17 April 2016.

“Kartini goes to Ciletuh Geopark merupakan program Pusat Penelitian dan Kebencanaan Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program ini sekaligus memperingati Hari Kartini 21 April mendatang. Sebanyak 21 perempuan yang terlibat berasal dari berbagai profesi, ibu rumah tangga sampai mahasiswa dari berbagai jurusan di Unpad.

Kepala Puslit dan Kebencanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Unpad, Mega Fatimah Rosana mengatakan, kegiatan tersebut untuk mempromosikan Ciletuh Geopark sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat.

“Ciletuh Geopark merupakan kawasan wisata taman alam batuan tua telah mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk Unesco dan Kementerian ESDM. Keberadaannya sudah layak mendapatkan sertifikat dari Unesco mengingat memiliki keragaman fenomena geologi, keragaman biologi, dan keragaman budaya,” ungkap Mega, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Pihaknya mentargetkan, Ciletuh bisa dikukuhkan Unesco sebagai geopark internasional pada 2017 mendatang. “Pemandangan yang ditawarkan Ciletuh sangat indah karena memiliki air tejun, tebing, perbukitan sampai pantai. Batuan alam yang terdapat di geopark ini merupakan hasil sedimentasi berbagai fosil, patahan, dan lempengan bumi puluhan juta tahun silam,” terangnya.

Ketua Panitia Kartini Ciletuh dari Kreasindo Komunika, Juston Pangaribuan, menyebutkan ke-21 perempuan peserta ekspedisi “Kartini goes to Ciletuh Geopark” sama-sama menyukai petualangan dan berani mencoba ke luar dari rutinitas keseharian mereka.

Mereka juga berencana menancapkan bendera Merah Putih dan bendera Unpad di Puncak Dharma Ciletuh. Selain itu, mereka mendatangi sejumlah lokasi Ciletuh Geopark.

"Lokasi itu antara lain Curug (air terjun) Awang, Curug Tengah, Puncak Manik, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, dan lainnya,” kata Juston.

(mh/ih)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG