BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Info Kota

3 Tahun Berturut-turut, Baznaz Raih Opini Wajar dan Sertifikat Internasional

"Opini wajar dan sertifikat global ini sangat menggembirakan serta merupakan anugerah Allah Swt terhadap kerja keras".

Oleh: Astri Agustina 1 April 2021 16:28
Dr. Herry Kusaery

Merdeka.com, Bandung - Selama tiga tahun berturut-turut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung mendapat opini wajar serta meraih sertifikat internasional bidang manajemen mutu ISO 9001-2015 dari Word Quality Assurance (WQA).

Opini terakhir untuk audit keuangan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2020 dari KAP AR Oetomo sementara WQA menyerahkan sertifikat ISO 9001-2015 tersebut dalam sebuah kegiatan daring belum lama ini.

Plt. Ketua Baznas Kota Bandung Dr. Herry Kusaery mengatakan, kembalinya Baznaz mendapatkan opini wajar dan sertifikat ini begitu menggembirakan.

"Opini wajar dan sertifikat global ini sangat menggembirakan serta merupakan anugerah Allah Swt terhadap kerja keras seluruh amil Baznas Kota Bandung yang gigih melakukan semua proses pencatatan transaksi keuangan sesuai prosedur dan PSAK 109," kata Herry dalam acara pelepasan Plt. Pimpinan bersama dengan seluruh Amil di Bumi Sangkuring Kota Bandung, Senin (29/3) dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Dari sisi pengumpulan zakat infaq shadaqoh (ZIS), Baznas Kota Bandung mencatat Rp26,266 milyar pada 2019 dan berhasil didistribusikan Rp23,845 milyar. Sementara tahun 2020 lalu, terhimpun ZIS sebesar Rp23,896 milyar dengan pendistribusian Rp 22,822 milyar.

Herry melanjutkan, kinerja tersebut diperoleh karena pihaknya juga tekun melaksanakan prosedur pelayanan dan terus melengkapi semua standar dokumen persyaratan penilaian manajemen mutu.

Selain Herry, Plt. lainnya pada periode 2019-2020 yang mendapat tugas dari Walikota Bandung sekitar 10 bulan (13 Mei 2020 sd 31 Maret 2021) adalah Plt. Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Irfan F. Taufik, Plt. Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dudit Setiadi, Plt. Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Hendratno, dan Plt. Wakil Ketua 4 Bidang SDM, Administrasi dan Umum Sudrajat. Selanjutnya mulai 1 April 2021 diserahterimakan Pimpinan Baznas Kota Bandung periode 2021–2026.

"Kami ucapkan terimakasih kepada KAP AR Oetomo yang sudah menyelesaikan proses audit keuangan, juga pada auditor standar manajemen mutu internasional dari WQA yang sudah melaksanakan audit serta merekomendasikan diraihnya sertifikat ISO 9001-2015," katanya.

Menurut dia, pihaknya merasa bahagia sampai akhir masa tugas bisa mengantarkan Baznas Kota Bandung kembali meraih opini Wajar selama tiga tahun berturut-turut serta untuk pertama kalinya meraih Sertifikat Manajemen Mutu Internasional ISO 9001-2015.

Sementara itu, Dadang dari Kantor Akuntan Publik AR Oetomo menyampaikan ucapan selamat kepada Baznas Kota Bandung yang kembali meraih opini Wajar.

Perwakilan WQA Indonesia Muhammad Aristian saat menyerahkan sertifikat simbolik melalui media daring menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada Baznas kota Bandung atas diraihnya sertifikat Internasional ISO.

"Terimakasih kepada Baznas Kota Bandung atas kepercayaan kepada kami sebagai mitra audit manajemen mutu. Saya atas nama pribadi dan lembaga menyampaikan ucapan selamat atas capaian Baznas Kota Bandung meraih sertfikat ISO 9001-2015. Ini membuktikan Baznas Kota Bandung sudah terekognisi sebagai lembaga berstandar internasional yang siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," jelas dia.

Herry menegaskan, dengan diterimanya opini wajar dan dari sertifikat ISO 9001-2015 ini, diharapkan menjadi penyemangat meningkatkan kinerja serta senantiasa menghadirkan program yang tepat sasaran bagi masyarakat Kota Bandung.

 

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG