BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Inspiratif

Bahas cara ubah dunia, mahasiswi ini juarai kompetisi Bahasa Inggris

"Topik yang digunakan merupakan topik yang sedang hangat terjadi saat ini," ujar Renata.

Oleh: Iman Herdiana 14 Oktober 2016 10:38
Tim Stundent English Society Tel-U

Merdeka.com, Bandung - Dua mahasiswa Telkom University, Ranna Artha Jayanti dan M. Rexy Aji Mahatidana berhasil menjuarai Gemasi English Challenge 2016 yang diselenggarakan oleh Gelanggang Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Padjajaran (Unpad).

Dalam kompetisi nasional tersebut, Ranna yang merupakan mahasiswi ICT Business Tel-U angkatan 2012 dan Rexy (ICT Business 2014) menjadi bagian dari tim Stundent English Society (SES) Tel-U. Ranna menjadi juara satu pada kategori Speech Competition. Sedangkan Rexy menjadi juara satu pada kategori Paper Presentation.

Pada kategori Speech Competition, Ranna membawakan topik 'How to Change The World'. Ketua Public Relation SES Tel-U, Renata Ayu Haniyah, mengatakan Ranna tidak menghadapi kesulitan berarti dalam lomba tersebut.

Topik tentang perubahan dunia menurut dia sedang hangat dibicarakan. "Topik yang digunakan merupakan topik yang sedang hangat terjadi saat ini, sehingga tidak sulit untuk menyampaikannya," ujar Renata, kepada Merdeka Bandung, Jumat (14/10).

Pada kategori Paper Presentation Competition, sambung dia, Rexy mempresentasikan papernya berjudul 'English Improvement as a Social Awarness to Help Indonesia to be a More Competitive Nation'.

Pada paper tersebut Rexy mengangkat kesadaran sosial dalam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris untuk menjadikan Indonesia menjadi bangsa kompetitif dalam persaingan internasional.

Gemasi English Challenge 2016 melombakan empat kategori. Tim SES Tel-U mengikuti tiga dari empat kategori tersebut. Pada kategori Debate Competition, Tim SES Tel-U yang terdiri dari Renata Ayu Haniyah (Administrasi Bisnis 2014) dan Anak Agung Adi Putra Esa Kesava (Teknik Telekomunikasi 2015) kalah pada Grand Finalist.

Hanya saja dalam tahap final, Renata dan Anak Agung kalah oleh tim gabungan dari Institut Teknologi Bandung dan Unpad. Kendati demikian, Tim SES Tel-U keluar sebagai juara umum Gemasi English Challenge 2016.

"Perolehan Juara Umum ini bisa diraih karena setiap perwakilan dari SES yang mengikuti kompetisi ini sudah melewati pelatihan secara intensif secara lomba. Jadi semua delegasi dari SES Tel-U sudah memiliki persiapan yang baik saat lomba," ujar Renata.

Ajang Gemasi English Challenge merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Gelanggang Mahasiswa Sastra Inggris Unpad dengan peserta nasional. Pada Gemasi English Challenge kali ini, kompetisi diadakan Sabtu sampai Minggu (8-9/10) lalu di Kampung Unpad.

(mt/ih)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG