BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Info Kota

Festival Pemuda Kreatif Jadi Ajang Bagi Anak Muda Untuk Berkreasi

"Selain memberikan motivasi, di harapkan ke depan ada sinergi lebih untukn mendorong kepada pemerintah daerah".

Oleh: Astri Agustina 9 Desember 2019 13:41
Festival Pemuda Kreatif

Merdeka.com, Bandung - Festival Pemuda Kreatif hadir di Lapangan Pemkot Cimahi, Sabtu (7/12) kemarin. Dalam ajang ini, para kawula muda berkumpul untuk berkreasi. Yang menarik adalah hadirnya pameran dengan karya yang unik dan mencuri perhatian.

Dalam hal ini, Kementerian Pemuda Olahraga bersinergi dengan Pemerintah Kota Cimahi memberikan untuk hajatan Festival Pemuda Kreatif.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi mengatakan, acara ini merupakan langkah untuk membangun semangat agar pemuda di Kota Cimahi mempunyai atensi besar untuk meningkatkan wawasan ekonomi kreatif.

"Selain memberikan motivasi, di harapkan ke depan ada sinergi lebih untukn mendorong kepada pemerintah daerah, khususnya Kota Cimahi untuk bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga," ujar Djunaidi kepada Merdeka Bandung.

Festival Pemuda Kreatif hadir untuk memberikan fasilitas bagi anak muda di Kota Cimahi. Hal tersebut tampak dengan digelarnya pameran yang menampilkan karya-karya anak muda di sektor ekonomi kreatof. Adapun ekonomi kreatif terbagi dari 16 sektor, di antaranya Kriya, grafika, fesyen, Film, musik, Kuliner, IT.

"Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu pameran robotik dari mahasiswa satu perguruan tinggi. Yang saya kira produk robotnya itu bisa ditampilkan di festival atau lomba-lomba internasional," papar dia.

Selain di Kota Cimahi, pihaknya telah melakukan kegiatan serupa pada beberapa kota kabupaten di Indonesia, yaitu di Gorontalo, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Kupang hingga Timika.

"Jadi tidak banyak masih terbatas. Mudah mudahan ke depan lebih banyak lagi," harap dia.

Selain memberikan motivasi, menurut dia, yang terpenting yaitu pembentukan watak atau karakter creativity. Di mana menumbuhkan kreativitas harus diawali dari level keluarga. Setelah itu, baru diperkuat di lingkungan, sekolah hingga perguruan tinggi.

"Tapi basicnya kembali lagi dari keluarga dari orang tua pembentukan apapun," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menilai semangat kegiatan Festival Pemuda Kreatif ini senada dengan misi yang diusung oleh pihaknya. Di mana Pemkot Cimahi berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, tak terkecuali di sektor ekonomi kreatif.

"Kita bercita-cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul yang siap bersaing. Jadi ini satu hal yang harus dimanfaatkan, harus diapresiasi," katanya.

Untuk mendorong kualitas SDM ini pihaknya telah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk mendorong pemuda untuk meningkatkan kreatifitas, khususnya di sektor teknologi informasi.

"Belum lagi membicarakan apa yang kami lakukan di tingkat sekolah. Jadi ini semua kami lakukan dan mudah mudahan bisa memberikan manfaat yang cukup positif untuk mempersiapkan generasi Cimahi ini menjadi generasi yang hebat," katanya.

 

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG