BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Hujan Es

Hujan Es Landa Sejumlah Wilayah Di Kota Bandung, BMKG: Itu Fenomena Wajar

"Dampak awan Cb terjadi hujan berupa butiran es di wilayah yang lokal, kurang dari 2 km persegi dan dalam waktu singkat".

Oleh: Dian Rosadi 10 Januari 2019 15:41
butiran es/@alnovitabella

Merdeka.com, Bandung - Hujan es disertai angin kencang dan petir melanda wilayah Kota Bandung, Kamis (10/1) sekitar pukul 13.30 WIB. Berdasarkan pantauan, hujan es terjadi di sejumlah wilayah seperti Kopo, Lengkong, Mohamad Toha, Buah Batu, Karapitan, Ibrahim Adjie, Mekarwangi dan sejumlah wilayah lain.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung, Tony Agus Wijaya memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Menurutnya, terjadinya hujan es merupakan fenomena wajar.
Tony menyebut, hujan es terjadi karena dampak awan Cumulonimbus (Cb).

"Awan Cb dengan tinggi puncak awan, lebih dari 5 Km melewati lapisan beku di udara. Jadi awan tadi membeku dan turun ke permukaan menjadi hujan berupa butiran es," ujar Tony kepada Merdeka Bandung saat dihubungi lewat ponselnya.

Menurut Tony, karena cuaca di pagi cerah, kemudian pada siang hari terbentuk awan Cumulonimbus. Namun terjadinya hujan es kata dia terjadi dalam radius yang tidak terlalu luas.

"Dampak awan Cb terjadi hujan berupa butiran es di wilayah yang lokal, kurang dari 2 km persegi dan dalam waktu singkat, kurang dari 15 menit," kata dia.

Tony mengungkapkan, bahwa hujan es yang terjadi tidak sampai menimbulkan kerusakan

"Tidak ada dampak merugikan. (Wilayah terdampak) sporadis, terpisah-pisah. Karena awan Cb yang berkelompok-kelompok," katanya.

 

(es/dr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG