BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Bisnis

IGDS, Ajang Penghargaan Nasional Bagi Pelaku Industri

"Juga apresiasi karena telah meningkatkan nilai kompetitif produk dari inovasi desain produk yang dilakukan".

Oleh: Astri Agustina 7 Agustus 2019 16:13
Gati Wibawaningsih

Merdeka.com, Bandung - Ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) kembali diselenggarakan. Ini merupakan penghargaan tingkat nasional sebagai bentuk apresiasi pemerintah dibidang desain produk bagi para pelaku industri perusahaan maupun praktisi desain.

Direktur Jendral Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih menjelaskan, penyelenggaraan IGDS ini bertujuan untuk mengapresiasi para perusahaan, pelaku istri maupun desainer yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas produk nasional.

"Juga apresiasi karena telah meningkatkan nilai kompetitif produk dari inovasi desain produk yang dilakukan," ujar di Selasar Sunaryo Art Space, Jalan Bukit Pakar Timur, Selasa (6/8).

IGDS merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA). Kegiatan ini sebagai upaya mendukung dan meningkatkan nilai kompetitif dari daya saing produk-produk industry nasional utamanya dibidang desain produk.

Penyelenggaraan IGDS telah dilaksanakan sejak tahun 2001 melalui lembaga independen di bawah lingkungan Kementerian Perindustrian yang saat itu masih bernama Dapperindah yaitu Pusat Desain Nasional. Baru sejak 2008 lalu penyelenggaraan IGDS dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal IKMA.

“IGDS 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke 16 kali. Hal ini menjadikan IGDS sebagai bentuk apresiasi dalam bidang desain industry atau desain produk nasional tertua dan terbesar di Indonesia,” jelasnya.

Pada ajang IGDS ada empat jenis penghargaan yaitu Best 20 yang diberikan kepada 20 produk terbaik, penghargaan People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih secara online lalu ada Penghargaan Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik.

Terakhir, penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik. Dalam empat jenis penghargaan tersebut terdiri dari enam kategori yaitu produk furnitur dan home décor, produk industry kriya, produk perhiasan dan aksesoris fesyen, kemasan inovatif, alas kaki dan apparel, serta perlengkapan kantor.

Ada pun rangkaian acara pada program penghargaan ini dimulai dengan Open Call tanggal 23 Juli 2019 hingga 15 September 2019 dan malam penganugerahan pada 18 Oktober 2019 di Jakarta. Sebanyak empat finalis akan melakukan presentasi final di depan tim juri untuk menentukan Best 3 dan Pemenang Grand Award.

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG