BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Kesehatan

Ini manfaat besar kuaci biji semangka, rugi kalau dibuang

Rupanya tidak semua orang tahu bila semangka bukan hanya dagingnya saja yang bisa dinikmati.

Oleh: Mohammad Taufik 22 Februari 2016 13:44
Biji Semangka

Merdeka.com, Bandung - Buah semangka (watermelon) sangat populer di dunia. Buah segar ini biasa dimakan dagingnya dam disuguhkan sebagai pendamping menu hidangan pesta. Buah ini juga segar dinikmati saat cuaca panas.

Namun rupanya tidak semua orang tahu bila semangka bukan hanya dagingnya saja yang bisa dinikmati. Biji semangka ternyata juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat (kuaci) dengan cara mengeringkannya di bawah sinar matahari lalu memanggangnya di dalam oven.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda temukan pada biji semangka, seperti dilansir Livestrong.

Kaya protein

Protein yang ditemukan dalam biji semangka terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin. Beberapa manfaat kesehatan dari arginin, termasuk mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner.

Vitamin B

Biji semangka juga sarat akan vitamin B. The American Cancer Society melaporkan bahwa vitamin B diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi dan meningkatkan fungsi tubuh. Vitamin B yang paling sering ditemukan dalam biji semangka adalah niacin. Niasin sangat penting untuk menjaga sistem saraf, sistem pencernaan dan kesehatan kulit.

Mineral

Magnesium adalah mineral yang paling banyak ditemukan dalam biji semangka. Menurut National Institutes of Health, magnesium dapat membantu mengatur tekanan darah dan metabolisme karbohidrat, yang juga memiliki efek menguntungkan pada gula darah. Mineral penting lainnya yang ditemukan dalam biji semangka adalah fosfor, zat besi, kalium, natrium, tembaga, mangan, dan seng.

Lemak

Anda bisa menemukan lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-6 pada biji semangka. The American Heart Association melaporkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

(mt/mt)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG