BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Info Kota

Mengenal Jubun, Sosok Detektif yang Sukses Selesaikan Banyak Kasus

Jubun meluncurkan buku biografinya yang berjudul "The Untold Story of Private Investigator".

Oleh: Astri Agustina 19 Mei 2020 10:13
Jubun

Merdeka.com, Bandung - Jubun, atau yang lebih dikenal dengan Detektif Jubun adalah seorang private investigator ternama di tanah air. Pria kelahiran 16 April 1978 ini, memulai perjalanannya sebagai seorang investigator profesional sejak tahun 2008.

Kemudian di tahun 2013, Jubun mulai mencoba mandiri dengan mendirikan agency investigator profesional yang diberi nama Aman Sentosa Investigation Agency, yang kini telah menyelesaikan ribuan kasus mulai dari kasus penipuan, perselingkuhan, pencarian orang hilang, dan lain lain.

Di tahun 2013 pada kala itu, belum banyak orang tahu apa itu private investigator. Orang-orang lebih senang menyebut istilah private investigator sebagai detektif swasta. Bermodalkan informasi dari mulut ke mulut, dan banyaknya kasus yang berhasil diselesaikan Jubun kala itu, membuat banyak media meliput aksi beliau, bahkan ada beberapa aksi beliau yang sempat difilmkan oleh beberapa stasiun TV, mengingat pekerjaan detektif swasta merupakan profesi yang unik dan langka.

Dari berita terrulis diterima Merdeka Bandung, Jubun pernah bekerja sebagai Operation Director, Senior Consultant & Trainer di Security Department Aman Sentosa. Selama bekerja, Jubun berkesempatan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan di bidang keamanan maupun investigasi yang diselenggarakan oleh lembaga bertaraf internasional.

Pengalaman inilah yang membuat Jubun memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi sebagai seorang private investigator.

Dengan pendidikan dan pengalaman kerjanya selama bertahun tahun inilah, Jubun memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh orang biasa, dan juga akses akses terhadap data sensitif yang tidak bisa diakses oleh orang biasa. Menjadi seorang private investigator, keahlian saja tidak cukup, tapi juga harus memiliki koneksi yang cukup kuat dari bawah sampai atas.

Bagi Jubun, informasi adalah segalanya. Setiap informasi adalah hal yang berharga. Barang bukti sekecil apapun, bisa menjadi petunjuk dalam mengungkap suatu kasus. Terkadang, ada hal hal yang tidak bisa dilakukan dalam mencari sebuah kebenaran oleh orang biasa, hal hal yang hanya bisa dilakukan oleh seorang detektif atau seorang investigator.

"Tentunya dengan cara yang benar, dan tidak melanggar hukum yang berlaku. Bagi Jubun, memanfaatkan teknologi yang ada, mencari sebanyak-banyaknya data dan fakta yang akurat, merupakan kunci keberhasilan dalam mengungkap suatu kasus," kata Jubun.

Mengungkap kasus perselingkuhan, merupakan jasa yang paling laris di era sekarang. Ini karena semakin maraknya perkembangan teknologi yang berdampak pada gaya hidup pergaulan bebas hingga perselingkuhan telah menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan semakin banyaknya kasus perselingkuhan yang terungkap, kini beliau terkenal dengan sebutan detektif asmara, dan membuat banyak orang kini mulai berpikir dua kali ketika akan melakukan perselingkuhan.

Dalam mengungkap kasus, Jubun selalu fokus mencari keterangan selengkap-lengkapnya dari client, dan mulai melakukan eksporasi memanfaatkan kecanggihan teknologi era digital sekarang ini. Mulai dari melacak informasi akun media sosial, dan jejak-jejak digital lainnya.

Hanya dengan bermodalkan data dan informasi sekedarnya, Jubun bisa melacak keberadaan seseorang dan menemukan informasi sensitif seseorang. Dalam proses investigasinya, Jubun sendiri selalu bergerak dalam tim. Beliau merupakan orang yang sangat teliti dalam prakteknya di lapangan.

"Saya tidak pernah menutupi identitasnya ke publik walau pekerjaan beliau adalah seorang detektif. Tidak ada yang perlu ditutup tutupi,” jelasnya.

Ketenaran Jubun sebagai seorang private investigator di media seperti sekarang ini merupakan bukti kalau pekerjaan yang ditekuni beliau ini berhasil membantu banyak orang. Banyak orang yang kagum dengan sosok beliau karena sifatnya yang rendah hati dan bersahaja.

Menurut Jubun, seorang private investigator harus memiliki rekam jejak yang jelas. Tanpa rekam jejak yang jelas, tentunya sangat beresiko bagi calon klien yang mempercayakan semua privasi dan informasi-informasi sensitif kepada sang investigator. Oleh karena itu Jubun selalu menjaga reputasinya hingga sekarang ini.

Pekerjaan sebagai detektif merupakan pekerjaan yang tidak lazim ditemukan, namun sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi di zaman yang serba digital ini, banyak sekali kasus-kasus penipuan seperti kasus penipuan jual beli online, kasus penipuan dengan modus investasi, dan lain lain.

Di bulan Januari 2020, Jubun meluncurkan buku biografinya yang berjudul “The Untold Story of Private Investigator”. Di dalam buku ini, Jubun banyak menceritakan pengalamannya di bidang investigasi, dan beberapa studi kasus yang berhasil ia tangani.

Pada bagian pertama buku The Untold Story of Private Investigator, Jubun menceritakan perjalanannya memulai karir menjadi seorang private investigator. Beliau juga menceritakan perjuangan beliau, saat memecahkan kasus pertamanya, mengumpulkan data data dengan memanfaatkan teknologi, melakukan penyamaran, dan lain lain.

Bagian ke dua dan seterusnya, Jubun juga menjelaskan tentang Agency yang beliau dirikan, layanan yang diberikan dan beberapa kasus yang berhasil beliau tangani.

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG