BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Inovasi

Menperin resmikan pusat inovasi elektronika dan inovasi telematika

"Harapannya tentu kedua sarana ini, mampu mendekatkan perguruan tinggi sebagai pusat riset dan ilmu pengetahuan," kata Airlangga.

Oleh: Astri Agustina 16 Januari 2018 16:55
Menperin resmikan Gedung Bandung Techno Park

Merdeka.com, Bandung - Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Airlangga Hartanto meresmikan gedung baru yang ada di Bandung Techno Park Universitas Telkom yakni Pusat Inovasi Elektronika dan Inovasi Telematika, Selasa (16/1).

Airlangga mengatakan, kehadiran gedung ini diharapkan mampu menjadi pusat riset. Apalagi posisinya yang ada di perguruan tinggi diharapkan mampu bisa dimanfaatkan dengan baik khususnya oleh paa mahasiswa.

"Harapannya tentu kedua sarana ini, mampu mendekatkan perguruan tinggi sebagai pusat riset dan ilmu pengetahuan dengan Industri sebagai pusat komersial," ujar Airlangga kepada Merdeka Bandung, Selasa (16/1).

Gedung tersebut dibangun oleh Kementerian Perindustrian, Direktorat Jendral Industri Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) pada 2016.

Kedua gedung diperuntukkan untuk mengembangkan solusi teknologi Elektronika dan Telematika, hasil dari inovasi akan dipasarkan secara komersial baik secara langsung maupun melalui industri, dan juga sebagai ruang kerja bagi para start-up binaan BTP.

"Fasilitas yang dimiliki Telkom University semoga dapat dimanfaatkan seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas," katanya.

BTP merupakan bagian dari Universitas Telkom yang bertugas untuk melakukan hilirisasi hasil riset yang ada di kampus, mengembangkan kawasan industri ICT dan juga inkubasi start-up berbasis ICT.

Sementara itu, Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari menyampaikan apresiasi dan komitmennya, atas terselenggaranya proses inkubasi hasil riset di BTP.

"Sudah menjadi komitmen kami bersama, bahwa riset berbasis kemaslahatan masyarakat, yang dapat dikembangkan dan dirasakan hasilnya oleh segenap anak bangsa, akan terus tumbuh dan kami dukung melalui BTP ini, terimakasih untuk Pak Menteri yang sudah mendukung secara penuh upaya baik ini” tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur BTP Profesor Adi Wijaya menaruh optimisnya atas terselenggaranya kegiatan pengembangan inovasi, ia berharap adanya fasilitas yang saat ini dimiliki oleh Telkom University, kawasan BTP menjadi kawasan terpadu untuk inovasi industri di masadepan.

"Harapannya tentu sama, menjadikan fasilitas kami bermanfaat, mampu menyerap anak-anak muda dalam berkarya, membangun model bisnis di era teknologi informasi, dan sejauh ini kami telah melakukannya," ujarnya.

Di dalam kawasan BTP ini terdapat ruangan perkantoran yang berisi puluhan perusahaan ICT, beberapa di antaranya tim start-up yang sedang dibina dan BTP juga dilengkapi dengan sarana pra sarana seperti dukungan legal, dukungan promosi pemasaran, dukungan event training, perangkat lab 3D printing, mesin laser cut, lab Virtual Reality, serta Lab Programmable Logic Control.

Sasaran akhir dari pembangunan BTP yang full didukung oleh Kemenperin adalah terbangunnya ekonomi di kawasan tersebut yang berbasis ICT memanfaatkan hasil riset bekerjasama dengan kampus Universitas Telkom.

Pembangunan BTP full didukung oleh Kementrian Perindustrian dan bagian dari rencana pembangunan 100 technopark di seluruh Indonesia yang digagas oleh pemerintahan Jokowi.

(mt/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG