BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Layanan Kesehatan

Pentingnya anak diberi vaksin polio

Indonesia sejak 1997 sudah terbebas dari polio. Namun, masyarakat harus tetap waspada agar tidak ada yang terjangkit.

Oleh: Astri Agustina 22 Oktober 2017 15:25

Merdeka.com, Bandung - Memperingati hari polio sedunia yang jatuh pada 24 Oktober mendatang, Rotary Club Bandung menggelar kampanye mengenai pentingnya memberikan vaksin polio kepada anak. Kegiatan tersebut berlangsung di Car Free Day Dago, Minggu (22/10).

Presiden Rotary Club Bandung Dago, Nayaka Untara mengatakan, acara bertema 'Bandung End Polio Walk' ini secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini diikuti oleh delapan Rotary Club Bandung.

Yakni Bandung Utara, Bandung Siliwangi, Bandung Selatan, Bandung Pakuan, Bandung Kota Kembang, Bandung Dago, Bandung Metropolitan, dan Bandung Bandung. "Saat ini kasus polio masih ada di dua negara yaitu Pakistan dan Afganistan. Makanya kenapa kita melakukan kampanye ini karena penting agar masyarakat Indonesia khususnya Bandung lebih peduli terhadap polio," ujar Nayaka kepada Merdeka Bandung.

Indonesia sendiri, kata dia, sudah terbebas dari kasus penyakit polio sejak tahun 1997. Namun, bila masyarakat tak peduli akan penyakit ini dikhawatirkan masyarakat Indonesia akan ada lagi yang terjangkit. Hal tersebut tentu saja tak menutup kemungkinan.

Untuk itu, melakukan vaksin polio bagi bayi baru lahir sangatlah penting. Baik bagi mereka yang berada diperkotaan maupun di daerah-daerah terpencil penting melakukan vaksin polio.

"Kalau tidak melakukan vaksinasi tentu saja ada kemungkinan masyarakat Indonesia terkena polio. Apalagi masih ada dua negara yang belum bebas dari polio jadi sungguh dikhawatirkan. Makanya kami gencar mengumpulkan bantuan untuk penyediaan vaksin polio khususnya bagi dua negara tersebut," jelas Presiden Rotary Club Bandung Utara, Setyawati Hana.

(mh/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG