BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Wisata Alam

STP Bandung bikin kajian destinasi wisata Danau Toba

Tiap tahun tema yang dikaji berbeda. Hasil kajian akan diserahkan ke Kementerian Pariwisata.

Oleh: Astri Agustina 28 November 2016 15:16

Merdeka.com, Bandung - Danau Toba, siapa yang tak kenal salah satu destinasi favorit Indonesia di Pulau Sumatera itu. Bila selama ini Danau Toba dikenal hanya karena panorama danaunya yang cantik, kini sederet potensi pariwisata lain di sekitarnya tengah digali.

Adalah Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang berupaya untuk menggali potensi pariwisata di kawasan Danau Toba, Sumatera Barat. Lewat kajian destinasi pariwisata, ada tiga penelitian yang dilakukan.

Tiga penelitian tersebut adalah perspektif pemasaran pariwisata, kajian produk pariwisata, dan penguatan sumber daya manusia.

Sekretaris program studi Destinasi Pariwisata STP Bandung, Odang Permana menjelaskan, kajian yang dilakukan oleh mahasiswa semester lima studi destinasi pariwisata ini diharapkan mampu mengungkap potensi wisata yang selama ini tersembunyi. "Hasil dari kajian ini tentu saja diharapkan bisa menjadi dasar untuk memperkuat pariwisata Indonesia di mata dunia," ujar Odang kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara "The Basic Research 2016" di Gedung Ciremai STP Bandung, Senin (28/11).

Odang menjabarkan, acara yang diselenggarakan untuk keenam kalinya ini merupakan kegiatan tahunan. Diharapkan acara ini bisa berlangsung tahun depan.

Kajian yang dilakukan pada destinasi pariwisata di Indonesia merupakan hal menarik. Hal ini bisa menjadi pemikat bagi para wisatawan asing untuk terus bisa berkunjung ke Tanah Air.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, hasil kajian ini akan ditembus ke Kementerian Pariwisata guna menjadi dasar materi memperkuat pariwisata di Indonesia. Indonesia ini indah, banyak sekali yang bisa digali potensi pariwisatanya," jelasnya.

Tema yang diangkat dalam kajian destinasi pariwisata berbeda setiap tahunnya. Pada tahun mendatang, destinasi wisata lain yang menjadi bahan untuk dikaji.

(mh/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG