BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG
Info Kampus

Telkom CorpU Akan Sering Menggelar Pelatihan SDM di Kementerian dan BUMN

"Kami bahkan sudah memberikan layanan pelatihan kepemimpinan serta sharing pengembangan kompetensi di tiga kementerian tadi".

Oleh: Astri Agustina 20 Desember 2018 10:30
Senior General Manager Telkom Corpu, Rina D. Pasaribu

Merdeka.com, Bandung - Mulai tahun depan, Telkom Corporate University (CorpU) akan lebih banyak menyelenggarakan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi sejumlah Kementerian dan BUMN. Hal tersebut sejalan dengan Telkom CorpU yang mendapat kepercayaan tambahan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Acara bertajuk 'Pluggedln' yang menjadi ajang berbagi ilmu pengembangan SDM ini dinilai memberikan efek positif bagi para pesertanya. Tak heran, sejak PluggedIn perdana yang diselenggarakan pada November 2018 lalu, kegiatan ini berhasil mencuri perhatian banyak Kementerian dan BUMN.

Senior General Manager Telkom Corpu, Rina D. Pasaribu mengatakan, setelah PluggedIn perdana diselenggarakan, telah dilaksanakan pula beberapa pelatihan dan sharing terkait pengembangan SDM dari beberapa Kementerian Republik Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

"Selepas PluggedIn perdana, kami bahkan sudah memberikan layanan pelatihan kepemimpinan serta sharing pengembangan kompetensi di tiga kementerian tadi. Bank Jabar dan Lembaga Administrasi Negara pun menyatakan minat yang sama bekerjasama dengan Telkom Corpu. Itu pun masih sama, yakni berkisar pada kemungkinan pelaksanaan pelatihan hard skill dan soft skill bagi pegawai institusi tersebut," ujar Rina dari keterangan tertulis diterima Merdeka Bandung, Kamis (20/12).

Menurut Rina, sekalipun ilmu terkait pengembangan SDM banyak yang cuma-cuma di internet, namun pengalaman dan success story Telkom CorpU menjadi daya tarik dan sangat diminati.

"Kami dinilai punya sistem dan metodologi yang teruji bisa mengembangkan dan mempersiapkan SDM untuk bertransformasi sesuai kebutuhan bisnis dan jaman," kata dia.

Sebelum pelaksanaan PluggedIn, sebenarnya sudah mulai banyak institusi yang menggunakan jasa Telkom CorpU yang semula hanya focus melayani kebutuhan internal Telkom Group. Institusi yang sudah bekerja sama dengan Telkom CorpU antara lain Perhutani, Kimia Farma, PT Angkasa Pura II, Rumah Kreatif BUMN, Bank Mandiri, PT LEN, Bina Karya, PT BNI, Perum PNRI/Dir BUMN, dan PT Dirgantara Indonesia.

Sementara itu, Consulting Director, Oki Wiranto mengatakan, yang mengelola layanan Telkom CorpU untuk institusi eksternal Telkom Group menambahkan, pihaknya tahun depan berencana menggelar dua kali PluggedIn di tiap semester.

Adapun temanya akan diangkat seputar human capital management dan isu kekinian seperti pengembangan millenial menjadi future leader, penyiapan human capital untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, Future of Corpu, dan banyak lagi.

"Rencananya kami akan panggil ahli global terkait human capital management. Dengan peserta diundang akan lebih bervariasi dari PluggedIn 2018. Kemungkinan besar akan mengundang kementerian, pemda, BUMN, swasta, dan perguruan tinggi," ujar Oki.

Sekalipun rinciannya belum bisa disebutkan namun dua penyelenggaraan PluggedIn 2019 dipastikan akan memenuhi atensi sebelumnya. Selain soal digital learning, juga akan berbagi kesuksesan dalam Program Leadership Training, Program Pengembangan Kompetensi Managerial, Program Pembinaan New Employee, hingga Program Persiapan Pensiun.

Pada helatan tahun ini, ‘PluggedIn, Corpu Indonesia Learn & Share’ 14 November 2018, berhasil dihadiri sedikitnya 300 perwakilan dari 74 entitas terdiri dari 60 BUMN, lima lembaga pemerintah, dua universitas, dan tujuh swasta.

Saat itu tampil sebagai pembicara selain Rina, adalah Chief Human Capital Officer PT Telkom Herdy R. Harman dan Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra.

Dari survei kegiatan itu juga terungkap, 39 persen perusahaan mengaku masih menerapkan pelatihan konvensional, 31 persen konvensional dan semi digital, dan baru 30 persen yang telah memadukan digital learning dengan pelatihan pada umumnya.

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG