BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. KOMUNITAS
Inovasi

Unikom Bandung raih 3 medali emas di kompetisi robot Amerika Serikat

Ajang tersebut diikuti 50 jenis pertandingan robot yang berasal dari 38 negara.

Oleh: Iman Herdiana 19 April 2016 16:35
Tim robot Unikom

Merdeka.com, Bandung - Divisi Robotika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil meraih tiga medali emas dalam ajang kompetisi robot internasional The 12th Annual Robogames 2016 di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat.

Ajang tersebut diikuti 50 jenis pertandingan robot yang berasal dari 38 negara. Divisi Robotika Unikom mendaftarkan robot pada delapan kategori pertandingan, tiga robot diantaranya meraih medali emas yaitu pada kategori Open Fire Fighting Robot dengan nama robot DU114-Return. Dua emas lagi diraih pada kategori Open Table Top Navigation oleh robot CAVIT-V16 dan kategori Beam Speeder oleh robot DU116SPEEDER-V16.

Selain itu, Divisi Robotika Unikom juga meraih tiga medali perak pada kategori Beam Speeder, Beam Photovore, dan Open Table Top Navigation. Serta dua medali perunggu pada kategori Open Fire Fighting Robot dan Beam Photovore.

Tim robot Unikom
© 2016 merdeka.com/Iman Herdiana

“Total delapan medali untuk delapan kategori yang kita ikuti. Dan kategori tahun yang terbanyak yang kita ikuti,” kata Ketua Tim Robotika Unikom, Rodi Hartono, kepada wartawan di Kampus Unikom, Bandung, Selasa (19/4).

Rodi yang juga ketua Divisi Robotika Unikom mengungkapkan, robot Unikom yang dikompetisikan adalah robot lama yang mengalami riset pengembangan dan robot baru.

Tujuan mengikuti kompetisi agar riset Divisi Robotika Unikom terus terukur. Divisi Robotika Unikom sendiri sudah mengikuti kompetisi tersebut sejak 2009. Riset sendiri dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan teknik elektro, jurusan teknik komputer dan jurusan teknik informatika.

“Setiap tahun kita mengikuti kompetisi dengan tujuan agar tetap bisa mempertahankan budaya riset yang kompetitif dan teruji secara global,” kata Rodi.

The 12th Annual Robogames 2016 merupakan kompetisi robot tahunan berskala internasional. Tahun ini diadakan di California, Amerika Serikat. Anggota tim Divisi Robotika Unikom yang berangkat mengikuti kompetisi ini berjumlah lima orang, yakni Rodi Hartono sebagai ketua tim, Taufiq Nuzwir Nizar (dosen pembimbing), dan anggota tiga orang mahasiswa Unikom yakni Muhammad Iqbal Wiguna, Ihsan Faturohman, dan Rizaldi Permana.

“Kita berharap perkembangan robotika di Indonesia makin maju. Kita bangga telah turut mengharumkan Indonesia di ajang internasional,” kata Rodi.

(ff/ih)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG