BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. LAPAK
Bisnis

Kedai Kopi di Bandung Usung Nama Unik, Makmur Jaya Coffee

"Ingin nama yang gampang diinget, tapi cukup nyeleneh memang buat coffee shop," kata Derry.

Oleh: Astri Agustina 2 Januari 2019 15:28

Merdeka.com, Bandung - Ada sebuah kedai kopi mungil yang mengusung nama cukup unik di Jalan Lengkong Besar. Namanya Makmur Jaya Coffee Roaster. Selintas namanya identik dengan sebuah toko bangunan. Pemilihan nama kedai kopi yang nyeleneh ini karena sang empunya tak ingin mencari yang sulit diingat oleh pelanggannya.

Pemilik Makmur Jaya Coffee Roaster, Derry Kustiadihardjo mengatakan, sejak dibuka pada Februari 2018 lalu, ia memang mencari nama yang mudah diingat oleh setiap orang datang ke kedainya. Meskipun nama digunakan ini cukup nyeleneh untuk sebuah kedai kopi, namun ia meyakini bahwa nama adalah doa.

"Ingin nama yang gampang diinget, tapi cukup nyeleneh memang buat coffee shop. Yakin kalau nama adalah doa makanya diambil nama Makmur Jaya. Namanya gampang diingat bahkan cenderung diketawain sih untuk coffee shop. Tapi sekarang ini karena sudah biasa nama itu enggak aneh lagi malah jadi iconic,” ujar Derry kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Makmur Jaya Coffee Roaster, Jalan Lengkong Besar, Rabu (2/1).

Khawatir bila nama kedai kopinya kerap disangka toko bangunan atau toko besi, pada media sosialnya ditambahkan tagar #bukantokobesi. Kata Derry, tagar yang digunakannya itu sebagai penekanan bahwa nama kedai kopinya memang nama yang kerap digunakan untuk toko besi atau bangunan.

Disamping namanya cukup nyeleneh, baik tempat ataupun menu yang ditawarkan dijamin akan membuat pengunjung nyaman. Kedai kopi ini mungil namun kesan hangat begitu terasa kental. Sebagai sang empunya, ia berharap bila tak ada jarak antara barista dan para pelanggan yang datang. Suasana santai dan hangat ia ciptakan.

“Konsep tempat kita adalah coffee shop kecil, di mana enggak ada jarak terlalu jauh antara barista dan customer. Jadi orang datang bisa ngobrol sama baristanya dengan santai. Ketika customer suka, harapannya mereka bisa bawa pulang kopinya dalam bentuk biji yang kami jual juga,” katanya.

Soal menu, Makmur Jaya Coffee Roaster sebenarnya terbilang sederhana. Menu kopi yang disuguhkan adalah Black (Espresso, dan Long Black), White (Piccolo, Cappucino, Latte, dan Magic), Filter (pengunjung bisa meminta kepada barusta untuk kopi pilihan), Caramel Macchiato, Ice Honey Latte, dan Es Kopi Susu.

Untuk minuman selain kopi adalah Chocolate (Dark, Java, dan Bali), Matcha Latte, Thai Tea, Tea By Havilla, Mango Yoghurt, Earl Grey Milk Tea, dan Chai Tea Latte. Harga minuman di sini dibanderol mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 27ribu saja.

“Signature dish di Makmur Jaya bisa dibilang kopi susunya. Berangkat dari kesukaan orang Bandung pada kopi susu yang dingin, kami racik dengan rasa yang kuat jadi kalau dipesan lewat ojek online rasanya enggak hilang terkena es yang mencair. Tahun 2018 ini kami berhasil menjual lebih dari 30 ribu es kopi susu,” paparnya.

Makmur Jaya Coffee Roaster hadir di Jalan Lengkong Besar nomor 62. Lokasinya ada disebelah kanan jalan raya, dan tak jauh dari Universitas Pasundan. Tempat ini buka mulai dari pukul 07.00 hingga 23.00 WIB.

(mh/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG