BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. LAPAK
Belanja

Kreatif! Buat sabun sehat untuk yang alergi

Menggunakan produk ini dapat melembabkan kulit, jadi tak perlu lagi menggunakan lotion.

Oleh: Astri Agustina 17 Desember 2015 10:08
Ayu Puspa Ningrum

Merdeka.com, Bandung - Produk sehat tak selalu soal makanan, Ayu Puspa Ningrum menciptakan sabun sehat yang ditujukan bagi mereka yang memiliki alergi pada kulitnya.

Ayu memang kreatif. Sang buah hati yang tak bisa menggunakan produk bayi membuat ibu satu anak ini memilih membuat sabun sendiri. Tujuan awalnya agar sang buah hati kulitnya tidak kering.

Merasakan khasiat sabun yang dibuatnya, Ayu pun mencoba memasarkan sabun tersebut kepada teman-temannya, ternyata responnya positif. Hingga akhirnya ia memberi label Mama Ziky Naturals untuk produk sabunnya.

"Saya sempat baca kalau sabun bayi banyak mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Dari situ saya mulai baca-baca dan membuat sabun sendiri," ujar Ayu kepada Merdeka Bandung.

Bahan-bahan untuk sabun sehat itu adalah minyak zaitun, minyak kelapa, essential oil, air, dan NaOH. Ayu membuat produknya dalam bentuk sabun batang. Hingga saat ini, ia masih memproduksinya sendiri.

"Saya bikin sendiri di rumah. Sebelum bikin sabun ini tentu saya banyak cari literatur karena enggak mau sembarangan. Soalnya bahaya juga ya, sensitif ke kulit. Bikinnya cepat kok cuma dua jam tapi untuk menjadi sabun itu butuh waktu sampai empat minggu karena ada proses namanya saponifikasi," jelasnya.

Ayu menjual produk buatannya dengan harga Rp 45 ribu per kemasan. Kini Mama Ziky Naturals memiliki 10 varian sabun, di antaranya adalah mint chocolate chip, assorted soaps, dan orange slush.

Manfaat menggunakan produk ini adalah melembabkan kulit sehingga tak perlu lagi menggunakan lotion setelah mandi. Kemudian juga bisa merawat kulit yang sensitif dengan berbagai bahan kimia berbahaya.

(ff/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG