BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. LAPAK
Inovasi

Unik ! Punten jasa kurir bersepeda dari Bandung

Masyarakat tak perlumeragukan kemampuan para riders Punten. Sebab para riders ini merupakan pesepeda yang andal.

Oleh: Iman Herdiana 19 Desember 2015 12:41
Punten

Merdeka.com, Bandung - Layanan antar jemput barang biasanya dilakukan kurir dengan menggunakan kendaraan bermotor.  Tapi di Bandung ada layanan antar jemput barang oleh kurir dengan menggunakan sepeda?

Layanan ini bernama Punten dengan taglinenya ZeroCarbon Courier. Tak hanya barang, para kurir bersepeda ini  juga siap mengantar makanan ataupun dokumen ke tempat yang dituju dengan jangkauan wilayah Bandung Raya.

"Sekarang sudah ada 12 riders (kurir bersepeda) yang melayani Punten di wilayah Bandung dan sekitarnya," ujar Anugrah Nurrewa, penggagas Punten kepada Merdeka Bandung saat ditemui di kantornya, Jalan Muararajeun Baru 1 Nomor 39, Kota Bandung.

Anugrah menuturkan, kata 'Punten' sendiri diambil dari Bahasa Sunda yang berarti permisi. Nama 'Punten' dipilih sebagai identitas tempat layanan ini beroperasi yakni di tanah Sunda, yang penduduknya dikenal someah (ramah).

Punten ZeroCarbon Courier adalah produk jasa yang diinisiasi oleh Banopolis. Sebuah usaha rintisan yang bergerak di bidang Non-Motorized Transportation Planning & Design.

Karena transportasi yang digunakan dengan menggunakan sepeda. Layanan Punten membatasi berat barang hanya berada di bawah 7 kilogram. Selain itu jarak layanan berada di bawah 22 kilometer di wilayah Bandung Raya.

Untuk biaya layanan Punten terbilang cukup terjangkau. Untuk jarak 0-7 kilometer dikenakan biaya Rp 15 ribu dan per 5 kilometer selanjutnya dikenakan tambahan sebesar Rp 5 ribu .

"Cara menggunakan layanan ini cukup add LINE Punten. Disitu nanti cukup ketik nama, jenis barang, asal dam tujuan pengiriman. Nanti admin akan menginformasikan tarif dan estimasi waktu tiba. Selanjutnya rider akan menjemput pesanan dan mengantarnya ke tempat tujuan," kata pria yang juga CEO PT. Banopolis Inovasi Kendara ini.

Anugrah mengungkapkan, masyarakat tidak perlu meragukan kemampuan para riders Punten. Sebab para riders ini merupakan pesepeda yang handal. Bahkan sebagian diantaranya adalah atlet balap sepeda lokal dan mekanik sepeda.

"Jadi kami pastikan barang yang dikirim akan sampai ke tujuan dengan baik, selamat, dan cepat. Jarak terjauh yang pernah dilayani dari Tegelega sampai Baros. Kemudian juga pernah dari Asia afrika ke Ujung Berung," ujar pria kelahiran Bandung 1 Agustus 1985.

Anugrah menambahkan ke depan, layanan Punten akan dikembangkan melalui aplikasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi dapat mempermudah masyarakat mengakses layanan Punten.

"Rencana ke depan kita juga akan kembangkan pakai aplikasi. Bahkan kita berencana untuk tarifnya nanti dihitung berdasarkan kalori rata-rata atau pakai elevasi. Misalnya jarak ke Ciumbuleit sama ke Batununggal kan beda. Kalau ke Ciumbuleuit jalannya menanjak, sementara ke Batununggal jalanan lurus. Sekarang masih dikembangkan," ungkap pria yang kini sedang menempuh studi Magister Jurusan Perencanaan Transportasi ITB ini.

Selain mengembangkan Punten, Anugrah bersama Banopolis juga sedang mengembangkan program lainnya yang masih berhubungan dengan transportasi tidak bermotor, diantaranya Bandung Bikeshare.

Jika Anda masih penasaran dengan layanan Punten silahkan kunjungi akun media sosial mereka. Untuk akun Instagram @puntemcourier dan Facebook: punten ZeroCarbon Courier

(ff/ih)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG