BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PARIWISATA
Kebun Binatang Bandung

Bandung Zoo akan miliki koleksi satwa baru jelang lebaran

"Pertukaran satwa ini dilakukan agar genetikanya bagus," kata Aan.

Oleh: Astri Agustina 18 Mei 2018 16:35
Rusa Timor di Bandung Zoo

Merdeka.com, Bandung - Menjelang momen hari raya Idul Fitri yang jatuh pada pertengahan Juni 2018, Kebun Binatang Bandung atau yang kini berganti nama menjadi Bandung Zoo akan memiliki koleksi satwa baru.

Koleksi satwa baru yang datang dari hasil pertukaran hewan dari Solo Zoo ini adalah rusa timor atau cervus timorensis. Ada tiga ekor rusa timor yang akan didatangkan dari Solo, satu ekor jantan dan dua ekor betina.

Marcomm Bandung Zoo, Sulhan Syafi'i, mengatakan dalam proses pertukaran satwa ini, pihak Bandung Zoo akan mengirimkan rusa timor dalam jumlah yang sama yang kesemuanya adalah jantan.

"Pertukaran satwa ini dilakukan agar genetikanya bagus. Proses barter satwa ini biasa dilakukan dan sering dilakukan oleh Bandung Zoo," ujar pria yang akrab disapa Aan itu kepada Merdeka Bandung, Jumat (18/5).

Ini, kata Aan, akan menjadi koleksi baru saat Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dimana pada momen lebaran, Bandung Zoo selalu menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh warga Bandung maupun dari luar kota.

Aan menjelaskan, proses barter satwa yang dilakukannya ini telah melalui proses panjang. Penandatanganan kesepakatan saja sudah dilakukan tahun lalu.

"Prosesnya panjang karena ada proses masuk ke Lipi untuk pengecekan genetika yang harus sangat detail. Sebelum satwa dikirim, kita kirim dokter ke Solo Zoo dan juga sebaliknya untuk ngecek kondisi satwanya," katanya.

Pihak Bandung Zoo sendiri akan mengirimkan tiga ekor rusa timor dan satu beruang madu bernama Aurel yang akan dihibahkan ke Solo Zoo malam ini. Proses pengiriman akan dilakukan melalui jalur darat.

Rusa timor sendiri telah dimasukkan ke dalam kotak kayu dengan tinggi 120 sentimeter, lebar 57 sentimeter, dan panjang 110 meter. Mereka akan melewati perjalanan panjang hingga 10 jam.

Sementara itu, Kuator Satwa Bandung Zoo, Panji Ahmad Fauzan menjelaskan, dalam perjalanan nanti, satwa akan terus dilakukan pengecekan guna melihat kondisinya. Pengecekan akan dilakukan setiap 40 hingga 50 kilometer perjalanan.

"Kami harus terus pastikan kondisi satwa makanya dilakukan pengecekan setiap 40 hingga 50 kilometer perjalanan. Kecepatan truk yang mengangkut satwa juga tidak boleh lebih dari 60 kilometer perjam," papar Panji.

Bandung Zoo sendiri memiliki koleksi jumlah rusa timor sebanyak 15 ekor, tujuh diantaranya adalah jantan. Usia bayi rusa timor yang dikirimkan ke Solo Zoo di antara enam hingga tujuh tahun. Tiga rusa timor yang dikirim dari Bandung Zoo sendiri bernama Bobi, Entis, dan Emon.

(mt/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG