BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PARIWISATA
Wisata Ekstrem

Berpetualang bersama Komunitas Land Rover Club Bandung

"Tak hanya di Jawa Barat sejumlah daerah di luar Jawa Barat seperti Semarang hingga Lampung pernah dijelajah oleh LRCB," ujar Arie.

Oleh: Dian Rosadi 4 Desember 2015 16:39
Land Rover Club Bandung (LRCB)

Merdeka.com, Bandung - Berawal dari kecintaan yang sama mengendarai mobil Land Rover, membuat sekumpulan pecinta Land Rover di Bandung membentuk sebuah komunitas bernama Land Rover Club Bandung (LRCB). Komunitas ini telah berdiri sejak 1 Januari 1994.

Awalnya ada sekitar 15 orang pemilik mobil Land Rover di Bandung yang sering berkumpul. Ajang ini menjadi momen untuk sharing dan berdiskusi antar sesama pemilik mobil Land Rover terutama. Dari situlah kemudian tercetus ide untuk mendirikan komunitas Land Rover Bandung.

Ada beragam kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini. Kegiatan touring menjadi agenda wajib kegiatan. Pelbagai daerah di Jawa Barat telah dijelajah oleh komunitas ini. Menembus hutan, beratnya jalur menjadi pemandangan biasa dihadapi. Sebut saja daerah seperti Rancabuaya di Cianjur, Legok Jawa Batukaras, Papandayan di Garut.

"Tak hanya di Jawa Barat sejumlah daerah di luar Jawa Barat seperti Semarang hingga Lampung pernah dijelajah oleh LRCB," ujar Ketua Land Rover Club Bandung Arie Yashar Yusuf saat berbincang dengan Merdeka.com di salah satu bengkel Land Rover di kawasan Jalan Cigadung Tengah, Kota Bandung, Kamis (8/10).

Tak hanya kegiatan touring, kegiatan sosial menjadi bagian dari kegiatan komunitas ini. Komunitas ini terjun di wilayah wilayah yang dilanda bencana.

"Kami masif terjun ke wilayah wilayah bencana seperti banjir di Pamanukan. Kemudian banjir rutin di Bandung selatan. Kita terlibat merespons bencana tersebut," katanya.

Komunitas ini juga kerap menjadi transportasi wisata bagi masyatakat yang ingin berpetualang menggunakan mobil Land Rover. Cikole menjadi lokasi paling favorit masyarakat yang ingin merasakan sensasi menembus hutan di wilayah itu.

Komunitas ini berkumpul setiap hari Senin di sekretariat LRVB di Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung. Dalam kegiatan menjadi ajang untuk berkumpul antar sesama anggota.

Komunitas LRCB saat ini memiliki 400 anggota dengan jumlah 200 anggota aktif. Para anggota ini berasal dari berbagai latar belakang profesi mulai dari wiraswasta, hingga mahasiswa.

Para anggota yang tergabung dalam komunitas ini tak hanya berasal dari Bandung saja. Para pecinta mobil ini juga datang dari kota kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Bukan tanpa alasan mereka lebih memilih bergabung dengan LRCB. Hal ini karena trek di Jawa Barat khususnya wilayah Bandung Raya dinilai lebih disukai para offroader.

"Mereka milih di sini karena suka dengan trek di sini. Makanya mereka menjadi anggota komunitas land rover Bandung,"ucapnya.

Para pecinta mobil land rover dari seluruh Indonesia memiliki agenda dua tahunan yakni Indonesia land rover united. Acara gathering ini diikuti oleh penggemar land rover se-Indonesia.

" Saat acara gathering tahun 2014 lalu dilaksanakan di Cikole Lembang. Acara ini menghadirkan 700 mobil Land Rover dari seluruh Indonesia. Dari peserta yang datang 400 di antaranya datang dari Bandung, sementar 300 mobil berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Bali," ungkapnya.

Bagi Anda ingin bergabung dengan komunitas ini silakan datang saja langsung ke sekretariat LRCB di Sabuga. Uniknya untuk masuk komunitas ini tak harus memiliki mobil land rover. Komunitas ini terbuka bagi siapapun yang memiliki ketertarikan mobil land rover.

"AD/ART kita tidak membatasi anggota harus memiliki land rover. Orang yang suka dengan sejarah atau mainnya saja bisa bergabung dengan kita. Jadi untuk pecintanya penyuka mobil land rover silakan masuk karena kita organisasi terbuka," katanya.

Setiap kegiatan mereka dipublikasikan di media sosial Facebook : Land Rover Club Bandung.

(mt/dr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG