BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PARIWISATA
Wisata Alam

Sangkuriang dan cerita 4 gunung yang wajib kamu ketahui

Kisah Sangkuriang ini juga dikait-kaitkan dengan beberapa pegunungan di kawasan Bandung lainnya.

Oleh: Farah Fuadona 2 Desember 2015 17:08
Tangkuban Parahu/Andrian Salam

Merdeka.com, Bandung - Bandung menyimpan sejuta sejarah serta legenda yang menarik untuk diketahui. Salah satunya asal muasal lahirnya barisan pegunungan yang mengelilingi kota Bandung. Konon, ribuan tahun lalu Bandung merupakan sebuah telaga besar yang terbentuk akibat letusan Gunung Tangkuban Parahu.

Akibat letusan gunung berapi itu terbentuklah pegunungan yang terbentang dari selatan hingga utara Kota Bandung. Jika dilihat dari ketinggian, deretan pegunungan tersebut layaknya sebuah mangkuk raksasa, sementara Kota Bandung berada di tengah-tengahnya.

Ada sebuah hikayat menceritakan, kala itu Sangkuriang yang gagah rupawan hendak membuat bendungan serta perahu sebagai syarat pinangan kepada Dayang Sumbi. Dibantu jin, Sangkuriang mulai mengerjakan permintaan Dayang Sumbi dengan membendung Sungai Citaraum dalam waktu semalam.

Kisah Sangkuriang ini juga dikait-kaitkan dengan beberapa pegunungan di kawasan Bandung lainnya.

Gunung Bukit Tunggul

Sangkuriang konon membuat perahu dari pohon yang tumbuh di timur. Orang percaya, tunggul bekas tebangan kayu dari pohon itu kini menjadi Gunung Bukit Tunggul. Tunggul dalam Bahasa Sunda adalah sisa kayu yang sudah ditebang dan masih tertanam di tanah.

Gunung Burangrang

Sebelah barat terdapat Gunung Burangrang. Konon gunung itu dipercaya merupakan sisa tumpukan kayu ketika akan membangun perahu dan bendungan. Jika dilihat sekilas bentuk Gunung Burangrang tidak mengerucut seperti gunung yang sempurna.

Gunung Tangkuban Parahu

Menurut cerita Gunung Tangkuban perahu berasal dari bekas perahu yang ingin digunakan Sangkuriang untuk berlayar di danau bersama Dayang Sumbi. Kesal karena gagal, Sangkuriang pun menendang perahu hingga terbalik lalu menjadi gunung. Gunung itu kini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Parahu. Jika dilihat dari Kota Bandung, Gunung Tangkuban Parahu akan terlihat seperti perahu tertelungkup.

Gunung Manglayang

Dibandingkan rangkaian pegunung Burangrang, Tangkuban Perahu, Bukit Tunggul, Gunung Manglayang hanya memiliki ketinggian 1818 mdpl. Hal ini menjadikan Manglayang sebagai gunung terendah dari rangkaian ke empat gunung tersebut.

Dalam legenda Sangkuriang diceritakan, Sangkuriang menjebol bendungan danau di Sanghyang Tikoro karena gagal membangun hingga waktu fajar tiba. Sumbatan danau itupun ia lemparkan ke arah timur dan kini menjadi Gunung Manglayang. Gunung ini memiliki pemandangan indah, tak heran banyak pecinta alam di Bandung menjadikan gunung ini sebagai tempat pendakian.

(mt/ff)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG