BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PARIWISATA
Pariwisata

Seekor macan tutul hari ini dilepas liarkan di Cagar Alam Gunung Tilu

"Secara umum, kondisi macan tutul ini dalam keadaan baik," kata Dedi.

Oleh: Astri Agustina 21 Juni 2018 11:16
Macan tutul

Merdeka.com, Bandung - Seekor macan tutul muda yang dititipkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA Jawa Barat) ke Bandung Zoo hari ini dilepas liarkan ke habitat asalnya. Macan tutul ini dititipkan ke Bandung Zoo sejak Senin (4/6) dan pagi ini dijemput oleh tim BBKSDA Jabar.

Sebelumnya, pada Minggu (3/6) lalu, seekor Macan Tutul (Panthera pardus melas) muda dievakuasi karena terperangkap di kandang unggas warga Kampung Ciruntah, Desa Cihideung, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Berkat kerjasama yang dilakukan antara Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL BBKSDA Jabar dengan petugas Bandung Zoo dan masyarakat, Macan Tutul yang terperangkap berhasil dilumpuhkan dengan senjata bius pada Senin (4/6) dinihari yang lalu.

Macan Tutul dengan jenis kelamin jantan yang diperkirakan berumur 1,5 tahun dengan berat kurang lebih 25 kilogram ini diduga berasal dari Cagar Alam Gunung Tilu. Pasca dilumpuhkan selanjutnya dilakukan dievakuasi ke Bandung Zoo untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemulihan.

"Secara umum, kondisi macan tutul ini dalam keadaan baik," ujar Kepala Kesehatan dan Penelitian Bandung Zoo, Drh. Dedi Trisasongko kepada Merdeka Bandung, Kamis (21/6).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan secara fisik yang dlakukan pada tanggal Rabu (20/6) terhadap Macan Tutul bahwa makanan yang diberikan berupa campuran daging ayam sebanyak dua kilogram dan daging sapi sebanyak satu kilogram setiap harinya habis termakan.

Macan tutul pun telah diberikan multivitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh, kondisi kesehatan secara umum baik dicirikan oleh satwa yang aktif dan respon yang baik serta nafsu makan baik, juga kondisi feses yang berbentuk.

"Setelah menjalani pemulihan selama kurang lebih 17 hari dengan hasil seperti dijelaskan diatas, maka dinyatakan bahwa Macan Tutul tersebut layak untuk dikembalikan ke rumahnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang KSDA Wilayah II Soreang, Memen Suparman mengatakan, berdasarkan laporan tersebut, maka Balai Besar KSDA Jawa Barat memutuskan untuk segera melepasliarkan Macan Tutul di habitat asalnya yaitu kawasan Cagar Alam Gunung Tilu tepatnya di blok Cikakapa Pangalengan Kabupaten Bandung, pada Kamis (21/6).

“Sebelumnya pada lokasi tersebut telah dilakukan survey oleh tim BBKSDA Jabar dan dianggap cocok untuk lokasi pelepasliaran dan didukung oleh data dan informasi sebelumnya bahwa lokasi tersebut merupakan habitat Macan Tutul,” jelas Memen.

(es/aa)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG