BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PERSIB
Sisi Lain Persib

Bobotoh ini dukung Persib lewat gambar karikatur

"Jadi tujuan utamanya, selain sebagai bentuk satu karya seni dan hiburan," kata Ubel.

Oleh: Pangeran Aditya Prakasa 23 Desember 2015 10:33
Karikatur Persib

Merdeka.com, Bandung - Selain mendukung di lapangan, banyak pula bobotoh--pendukung Persib--yang mendukung dengan cara yang berbeda dan kreatif. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Usep Dedi K. Hendrawan, yaitu dengan menggambar skuat Persib untuk memberi dukungan.

Pria yang akrab disapa Ubel ini tak menyia-nyiakan bakat menggambarnya walaupun kini berprofesi sebagai guru honorer. Lewat lukisan karikatur dia berikan dukungan kepada tim kebangaannya ini.

"Kalau hobi menggambar sudah dari dulu, namun timbul ide bikin karikatur Persib ini baru kurang lebih tiga bulan terakhir, mulai bulan september (2015)," tutur Ubel.

Selain hasil karyanya menjadi sebuah dukungan tersendiri. Ubel pun membuat gambar ciptaannya sebagai media informasi bagi para bobotoh lainnya yang bermuatan berita tentang Persib Bandung. Ubel pun mengunggah karyanya ke media sosial. Menurut dia fungsi media sosial sangat paten sebagai sarana menyampaikan berita via karikatur.

juga sekaligus ada bumbu sentilan dan kritik dalam bentuk media gambar. Dalam hal ini ruang lingkup Persib sebagai tema penyajiannya. Hampir kebanyakan sekarang orang-orang pengguna medsos, jadi pesan apa yangg kita sharing pun lebih cepat sampai," tuturnya.

Akibat dari kegiatannya itu, Ubel kebanjiran order dari para bobotoh yang juga ingin dibuatkan karikatur pribadi. Meski begitu, dia ogah meraup untung, karena yang dilakukannya atas dasar kecintaan kepada Maung Bandung.

"Namun saya juga tak memungkiri ada saja banyak bobotoh yang 'keukeh' dibuatkan karikatur, dan mereka sendiri yang kasih upah sukarela tanpa saya patokin harga. Mereka memberi sekitaran 50 ribu sampai 100 ribu. Tapi ada juga yang ngasih lewat pulsa, nah hasilnya saya pergunakan buat beli perlengkapan gambar lagi," jelasnya.

Dia merasa bangga, apabila karyanya dapat diterima oleh bobotoh. "Kadang saya buat kuis tebak skor saat Persib bermain yang hadiahnya pun dari kocek sendiri buat bobotoh. Jadi kalau dipikir-pikir mah gak dapat untung sama sekali tapi saya dapat kepuasaan di saat ada banyak bobotoh yang mengapresiasi dan antusias dengan kehadiran Karikatur Persib ini," paparnya.

Hampir seluruh penggawa Persib dari musim 2014 sudah digambar Ubel dalam bentuk karikatur. Kedepan, lulusan Sastra Indonesia di Universitas Padjadjaran ini ingin membuat sebuah buku yang berisi karya karikatur pemain Maung Bandung.

"Harapan ke depan untuk pribadi, saya ingin buat buku yang di dalamnya terdapat kumpulan-kumpulan gambar karikatur hasil karya yang pernah saya buat yang tentunya bertema Persib. Kalau bisa saya ingin membuat komik yang ceritanya diambil dari kisah-kisah Persib dan bobotoh yang bisa menginspirasi," pungkasnya.

(ff/pap)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG