BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PERSIB
Sisi Lain Persib

Ini pemain Persib bermasalah dengan manajemen hingga berujung hengkang

Persib selama ini cukup lemah dalam urusan kedisiplinan dan tak cukup lihai dalam mengatasi setiap potensi terjadinya masalah internal.

Oleh: Pangeran Aditya Prakasa 17 Desember 2015 10:53
Persib

Merdeka.com, Bandung - Tim Persib Bandung memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para pemain bintang Tanah Air maupun luar negeri. Hal itu dikarenakan tim Maung Bandung dianggap klub paling sehat dari segi finansial.

Manajemen Persib Bandung ini memang dikatakan membaik sejak PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) mengambil alih manajemen, sebelumnya mereka menggunakan dana APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tepat musim 2009-2010.

Meski begitu, tak berarti selama ini PT. PBB memiliki masalah. Sebab belum lama ini permasalahan antara manajemen dengan pemain semakin runcing. Dibuktikan dari beberapa pemain andalan mereka yang memilih hengkang dari tim berjulukan Maung Bandung ini.

Berikut ulasan mengenai beberapa pemain Persib yang hengkang karena bermasalah dengan manajemen PT. PBB:

1. Budi Sudarsono

Di musim 2009-2010, nama Budi Sudarsono jadi pesakitan karena ulah acuh tak acuh yang ditunjukannya. Puncak ketika laga Persib melawan Persitara di Kuningan, Jakarta, 28 April 2010 Budi yang menerima kartu merah pada laga tersebut. Langsung menghilang dari skuad Maung Bandung. Meski akhirnya Budi meminta maaf dan pengurus Persib memaafkannya.

Manajemen Persib memaafkan kesalahan Budi karena pemain yang dijuluki Budigol tersebut sedang dilanda masalah keluarga. Terlepas dari itu, perilaku Budi merupakan cerminan karena Persib selama ini cukup lemah dalam urusan menegakkan kedisiplinan dan tak cukup lihai dalam mengatasi setiap potensi terjadinya masalah internal.

2. Shahrul Ishak dan Baihakki Kaizan

Tepat memasuki kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2010-2011, Persib dikejutkan dengan mundurnya dua pemain asal Singapura, Shahril Ishak dan Baihakki Kaizan. Tak jelas masalahnya, sehingga keduanya tiba-tiba mundur dari Persib dan PT. PBB pun membiarkannya begitu saja.

3. Nova Arianto

Kasus lainnya yang terjadi pada musim 2010-2011 adalah batalnya Nova Arianto mundur dari Persib. Meski sudah mengumumkan diri hengkang, namun selang beberapa hari kemudian Nova memutuskan kembali ke Persib. Kabarnya Nova mendapat desakan dari keluarga agar tetap tinggal di Bandung, padahal kabarnya sempat berseteru dengan manajemen PT. PBB.

4. Serginho 'Sergio' van Dijk

Alasan kuat Sergio meninggalkan Persib karena dia dikabarkan kecewa dengan negosiasi ulang nilai kontrak yang disodorkan manajemen. Sergio bergabung bersama skuat Persib dari Adelaide United di awal tahun 2013 atau pertengahan musim Indonesia Super League (ISL) lalu. Bersama tim berjuluk Maung Bandung tersebut, Sergio sukses mengemas 21 gol dari total 29 pertandingan di semua ajang.

5. Ferdinand Alferd Sinaga

Hengkangnya Ferdinand Sinaga dari Persib Bandung tepat memasuki musim 2015 menimbulkan kontroversi. Bagaimana tidak, Ferdinand adalah salah satu pemain yang berjasa membawa Maung Bandung juara musim lalu. Tak hanya itu, Ferdinand juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Super Indonesia (ISL). Masalah kontrak jadi penyebab utama Ferdinand memilih pindah ke Sriwijaya FC.

6. Firman Utina

Pasca Piala Jenderal Sudirman, Firman Utina tiba-tiba menyatakan diri untuk hengkang dari tim Persib Bandung. Itu dikarenakan Firman ogah menandatangani kontrak yang diberikan PT. PBB. Beberapa pasal dalam klausul kontrak seperti tidak boleh berbicara ke media dan tidak mendapatkan kompensasi dari salah satu sponsor membuat Firman berpikir dua kali untuk kembali membela Persib. Imbasnya setelah Piala Jenderal Sudirman, Firman menyatakan mundur dari Persib.

(ff/pap)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG