BANDUNG
  1. BANDUNG
  2. PROFIL
Hobi

Bisnis ikan cupang, hijabers cantik ini raih omzet jutaan rupiah per bulan

"Awalnya dari hobi suka koleksi ikan cupang. Ternyata semakin ke sini banyak juga yang mengoleksi ikan cupang," ujar Nada.

Oleh: Dian Rosadi 12 Desember 2017 11:13
Nada Anggun Harumiani

Merdeka.com, Bandung - Terjun menjadi pelaku bisnis, menjadi pilihan bagi Nada Anggun Harumiani (23). Lewat bisnis ikan cupang, tak disangka Nada dapat meraup untung hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Bersama sang suami, Nada memulai usahanya sejak dua tahun lalu. Berawal dari hobi mengoleksi ikan cupang, hingga akhirnya menjadikan usaha yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Awalnya dari hobi suka koleksi ikan cupang. Ternyata semakin ke sini banyak juga yang mengoleksi ikan cupang. Kita tangkap ada potensi bisnis disitu dan akhirnya buka usaha," ujar Nada saat berbincang dengan Merdeka Bandung beberapa waktu lalu di kawasan Jalan Peta.

Nada mengaku, jika dirinya menjual beragam jenis ikan cupang. Mulai dari Halfmoon Fancy, Giant Fancy, Crown Tile hingga Dumbo Ear. Ikan cupang ini dijual dengan beragam kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu untuk setiap ekornya.

Untuk harga puluhan ribu kata Nada biasanya ikan-ikan cupang yang berukuran kecil. Namun untuk ikan yang ukurannya sudah besar bisa dijual hingaa ratusan ribu rupiah.

"Kalau yang kecil umurnya 2 - 3 bulan itu baby cupang. Kalau yang sudah besar bahkan sering menjuarai kontes itu harganya bisa lebih tinggi lagi," kata Nada.

Nada mengaku, jika dirinya pun sering mengikuti kontes kontes ikan cupang yang digelar di berbagai wilayah. Bahkan kontes yang digelar di luar Jawa Barat pun dia juga turut serta seperti Semarang hingga Makassar.

"Alhamdulillah saya juga pernah juara lomba beberapa kali. Koleksi saya yang giant itu sering juara. Yang masuk kriteria kontes itu bisa dilihat dari ekor, sirip atas dan sirip bawah. Pin (sirip) atas sama ekornya besar 180 derajat itu masuk kriteria kontes. Terus warna ekornya multicolour. Pernah saya jual sampai Rp 700 ribu per ekor," ungkapnya.

Saat ini, Nada membuka gerai di Jalan Sekelimus Utara Nomor 46. Dalam satu hari Nada bisa menjual hingga 30 ekor ikan cupang. Sebagian besar pembelinya merupakan para pehobi dan kolektor ikan cupang. Ditanya pendapatan rata-rata dalam satu bulan, Nada mengaku bisa meraup untuk hingga Rp 7-8 juta per bulan.

"Alhamdulillah sampai saat ini bisnis ikan cupang masih menjanjikan. Setiap hari bisa jual 30 ekor. Apalagi sekarang untuk pemasaran sekarang sangat terbantu dengan keberadaan medsos," katanya.

(ff/dr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANDUNG

BERITA BANDUNG