BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. GAYA HIDUP
Tips Kesehatan

Jangan korek telinga sembarangan ini tips bila kemasukan serangga

Simak tips berikut ini agar tidak melukai dirimu sendiri dan serangga kecil bisa segera dikeluarkan.

Oleh: Farah Fuadona 23 Juni 2016 12:19
Ilustrasi gangguan telinga

Merdeka.com, Banyuwangi - Pernah mengalami kemasukan benda asing seperti serangga kecil ke dalam telinga. Jika ya, perlu langkah yang tepat dan hati-hati karena telinga adalah organ tubuh yang sangat penting. Simak tips berikut ini, agar tidak melukai dirimu sendiri dan serangga kecil bisa segera dikeluarkan.
 
Gunakan senter

Pancaran cahaya dari lampu senter mampu menarik serangga keluar dari saluran telinga mengikuti pergerakan arah sinar. Namun perlu diketahui, beberapa spesies serangga lainnya justru bertindak sebaliknya. Jadi, jika Anda merasakan sakit semakin parah, segera matikan lampu senter.

Miringkan kepala

Jika poin pertama dirasa tidak berhasil, cobalah untuk memposisikan kepala Anda miring menghadap ke atas. Sinar cahaya alami dari matahari mampu menarik serangga untuk keluar mengikuti ke arah sinar dan merangkak keluar dari saluran telinga.

Minyak bayi atau minyak mineral

Cara lain untuk mengusir serangga dari telinga yakni dengan mengandalkan baby oil atau minyak mineral. Yang perlu Anda lakukan adalah teteskan minyak ke dalam liang telinga di mana serangga tersebut masuk. Setelah itu, putar kepala Anda untuk mengalirkan cairan minyak dan serangga keluar bersama-sama.

Tutup hidung dan telinga

Anda juga bisa menutup hidung dan menahan napas selama beberapa saat. Caranya tutup lubang telinga yang satunya, misalnya yang kiri kemasukan hewan, tutup telinga bagian kanan. Tutup hidung dan mulut, lalu tiup. Penjelasannya saat telinga sama-sama terbuka, (kiri dan kanan) getaran dari suara yang diterima akan terbagi dua. Saat menutup salah satu lubang, getaran suara dari sekitar akan terfokus di telinga yang kemasukan serangga itupun akan terganggu dan keluar.

Air hangat

Setelah serangga keluar dari telinga, Anda harus melakukan proses pembersihan telinga dengan menggunakan air hangat. Hal ini penting untuk mencegah adanya tanda-tanda perdarahan dan mengurangi risiko infeksi pada telinga.

(ff)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI