BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI
Wisata Pantai

Peringati HUT Pertamina ke-59, sejumlah kawasan pantai dibersihkan

Ini adalah bentuk komitmen CSR Pertamina kepada masyarakat nelayan di sekitar pesisir.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 11 Desember 2016 19:31
Aksi bersih-bersih di kawasan Pantai Banyuwangi

Merdeka.com, Banyuwangi - Memperingati HUT Pertamina ke-59, PT Pertamina (Persero) menggelar kegiatan pemberdayaan dan bersih pantai di Grand Watu Dodol, Banyuwangi. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan pantai.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 06.00 WIB ini, diikuti oleh berbagai elemen masyarakat di Banyuwangi. Ada 500 relawan dari karyawan Pertamina, SKPD, warga, pelajar dan kelompok nelayan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Azwir Malaon dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga turut hadir untuk ikut serta melakukan bersih pantai, sekaligus melepaskan ratusan ekor tukik.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk merangkul masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan pantai. Serta sebagai bentuk komitmen CSR Pertamina kepada masyarakat nelayan di sekitar pesisir. Seperti diketahui, perusahaan di sektor energi ini memiliki wilayah operasi yang berhubungan langsung dengan pantai.

"Pertamina merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan. Untuk itu tidak hanya bersih-bersih pantai, tetapi kami juga melakukan beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Banyuwangi,” kata Ahmad Bambang, Sabtu (10/12).

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Azwir Malaon mengatakan, pihaknya memberi apresiasi atas program pertamina yang melakukan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Banyuwangi ini. "Apresiasi untuk Pertamina yang merayakan ulang tahun dengan kegiatan bermanfaat seperti ini", ujar Azwir Malaon.

Selain bersih pantai, dalam rangkaian kegiatan ini juga memberikan bantuan CSR Pertamina berupa layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 warga sekitar. Kemudian santunan kepada 59 anak yatim, bantuan peralatan kebersihan kepada warga dan perlengkapan cat untuk mempercantik bantaran sungai di Banyuwangi. Usai melakukan aksi bersih-bersih pantai, pihaknya juga melakukan pelepas tukik dan konservasi penyu di Pantai Grand Watu Dodol.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang turut hadir mengatakan, melalui kegiatan ini bisa membantu Banyuwangi dalam pengembangan ekowisata. "Kami mengharapkan aksi ini dapat memberikan kontribusi positif untuk mendukung pengembangan ekowisata dan upaya pelestarian penyu di wilayah pesisir Banyuwangi,” kata Anas.

Dalam kegiatan ini, Banyuwangi merupakan salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program secara serentak, yaitu Pantai Kampung Bugis (Tanjung Uban, Kepulauan Riau), Pantai Mutiara Hijau (Karangsong, Balongan, Jawa Barat), Pantai Teluk Penyu (Cilacap, Jawa Tengah) dan Pantai Kampung Atas Air
(Balikpapan, Kalimantan Timur).

(ff/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI