BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI
Pelayanan Publik

Banyuwangi tetap buka layanan cetak e-KTP pada hari libur Pilkada

Dibukanya layanan ini karena banyaknya warga yang mengurus e-KTP pada hari libur.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 27 Juni 2018 08:17

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tetap membuka layanan rekam data dan cetak KTP Elektronik saat libur nasional di hari pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) hari ini, Rabu (27/6). Layanan ini dilakukan karena pasca libur lebaran terjadi peningkatan pemohon KTP. Sebagian besar pemohon merupakan warga perantau Banyuwangi yang memanfaatkan waktu mudiknya untuk mengurus KTP.

"Pasti waktu yang mereka miliki terbatas. Maka kami minta agar Dispenduk tetap memberi layanan untuk KTP di hari libur," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Data terakhir di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi, jumlah pemohon pasca libur lebaran meningkat dari yang biasanya hanya di angka 200 menjadi 2.000 lembar KTP-elektronik yang dicetak.

"Puncaknya di hari Senin dan Selasa kemarin, sampai mencetak 2.000 lembar KTP elektronik per hari. Makanya kami minta meski libur Pilkada, Dispenduk tetap melayani cetak KTP," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispenduk Banyuwangi, Djafri Yusuf mengatakan, layanan KTP elektronik akan dibuka di Kantor Dukcapil mulai pukul 08.00-13.00 WIB.

"Untuk pelayanan di Mall Pelayanan Publik diliburkan dulu. Hari ini khusus layanan untuk pengurusan KTP," katanya.

Jumlah pemohon layanan KTP, kata Djafri memang mengalami peningkatan pasca libur lebaran. Pihaknya sampai memperpanjang durasi layanan yang biasanya sudah tutup pada pukul 15.30 WIB, diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

"Para perantau banyak yang mengurus karena selama ini banyak yang hanya memegang surat keterangan (Suket) pengganti KTP," jelasnya.

Apalagi, katanya, blanko KTP sempat kosong karena kuota jatah dari pemerintah pusat berkurang. Hal ini membuat para perantau banyak yang hanya membawa surat keterangan identitas.

"Saat momen pulang Ke Banyuwangi sekarang Suket itu dicetak. Selain melayani pemohon baru atau ganti status dan KTP rusak," jelasnya.

Saat ini, Dispendukcapil Banyuwangi masih menyediakan blanko KTP elektronik berjumlah 8.000 lembar. Jumlah ini cukup untuk sepekan ke depan. "Kami akan segera mengajukan lagi ke pusat dalam waktu dekat,” katanya.

(mh/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI